Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Supra Segera Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bahwa Supra generasi terbaru siap dijual di Indonesia. Sedan sport legendaris itu akan meluncur dalam waktu dekat, kemungkinan di ajang GIIAS yang berlangsung pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD, Tangerang.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Anton Jimmy, Direktur Pemasaran TAM. Menurut dia, waktu tepatnya akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Ya, kita sudah pasti meluncurkan Supra di Indonesia. Waktunya kapan, sebelum, bertepatan, atau sesudah GIIAS 2019 akan kita informasikan lagi di lain kesempatan sebentar lagi," ucap Anton saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/6/2019) malam.

Konsumen yang ingin membeli, lanjut Anton belum bisa melakukan pemesanan. Bahkan penetapan harga pun masih didiskusikan karena ada beberapa hal yang harus diurus, termasuk penetapan pilihan mesin.

Baca juga: Siap Datang ke Indonesia, Berapa Banderol Toyota Supra?

"Jadi pengiriman atau kuotnya juga tergantung dari produksi. Model itu memang sangat tinggi permintaannya di dunia, jadi kita sedang urus semuanya," kata Anton.

Sementara itu, belum lama ini di laman resmi Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta sudah terdaftar bahwa Supra dengan kubikasi 3.000 cc memiliki nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) hingga Rp 1,492 miliar.

Toyota Supra di Bangkok International Motor Show 2019dok.paultan Toyota Supra di Bangkok International Motor Show 2019

"Harga masih menunggu konfirmasi diskusi dengan prinsipal. Kita juga harus menghitung lates cost, nilai tukar mata uang dan lain sebagainya," ujar Anton.

Menurut sumber internal perusahaan, Supra yang dijual di Indonesia akan menggendong mesin 3.0 liter turbocharged inline enam silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 340 ps dan torsi 500 Nm pada 1.600 sampai 4.500 rpm.

"Setahu saya, pilihan mesin 2.0-liter itu hanya untuk pasar domestik Jepang, untuk Indonesia kemungkinan besar yang 3.0-liter, karena yang BMW (Z4) mesinnya sudah 2.0-liter," kata sumber itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com