Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sibuknya Sebuah Ruangan di Pojok Pameran Telkomsel IIMS 2019

Kompas.com - 02/05/2019, 09:23 WIB
Azwar Ferdian

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Esensi dari pameran otomotif adalah menampilkan line-up yang dimiliki agen tunggal pemegang merek (ATPM), sebagai wujud eksistensi di industri otomotif nasional. Akan tetapi ada efek positifnya buat merek yang ambil bagian di pameran otomotif, yakni meningkatnya angka penjualan selama pameran.

Begitu pula pada ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Hampir semua merek roda dua dan roda empat berpartisipasi, salah satunya adalah Mitsubishi. Hal yang membedakan kehadiran Mitsubishi dengan merek lain adalah keriuhan di ruang negosiasi atau biasa disebut ruang dealing.

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menampilkan deretan produk-produk terbaiknya di ajang Telkomsel IIMS 2019. Tercatat di lantai pameran ada Xpander Limited, yang baru saja diluncurkan, Xpander AP4 yang dimodifikasi bergaya rally, ada juga Pajero Sport yang digantung miring, serta Triton yang menggendong satu unit moge.

Baca juga: Cara Mitsubishi Jaga Performa Mobil Konsumen

Apa yang membuat booth di pojok hall A, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, ini selalu ramai? Xpander adalah jawabannya.

Mitsubishi Xpander AP4 Mitsubishi Xpander AP4

"Masih didominasi oleh Xpander. Banyak pengunjung Telkomsel IIMS 2019 yang melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Xpander. Biasanya banyak yang langsung jadi beli, jadi ruangan dealing selalu ramai," jelas perempuan yang menjadi salah satu tenaga penjual Mitsubishi, dan minta identitasnya tidak disebutkan, Rabu (1/5/2019).

Daya tarik Xpander memang terbilang belum meluntur, meski sudah melewati beberapa rangakaian pameran otomotif sejak pertama kali resmi diluncurkan. Bahkan, produk lain perlu distimulus diskon, namun Xpander masih bertahan tetap dengan harga yang tetap, tanpa ada rabat.

Baca juga: Mitsubishi Masih Enggan Kasih Diskon buat Xpander

"Pameran seperti IIMS ini seperti lebaran kalau buat kami para sales. Di sini pengunjung yang menghampiri kami, dan sales tinggal menjelaskan soal harga, leasing (perusahaan pembiayaan) yang tersedia dan layanan purnajual. Banyak juga yang tanya soal diskon, tapi memang belum ada. Lumayan, teman-teman sales bisa dapat SPK setiap harinya," jelas perempuan itu lagi.

Mitsubishi sebagai pemilik booth, menyediakan ruang dealing yang cukup besar, terdiri dengan deretan meja dan kursi. Alurnya cukup sederhana, pengunjung yang mampir ke booth, akan dihampiri oleh tenaga penjual. Biasanya langsung ditawarkan produk-produk yang ada, termasuk Xpander.

suasana ruang dealing MitusbishiAzwar Ferdian/Kompas.com suasana ruang dealing Mitusbishi

Perbincangan di lantai pameran itu bisa dilanjutkan ke ruang penawaran, dan tenaga penjual akan menjelaskan secara detail skema pembelian baik secara tunai ataupun kredit. Apabila ingin membeli dengan skema kredit, maka petugas dari perusahaan pembiayaan sudah bersiap untuk melayani calon konsumen itu. SPK pun bisa terbit hanya dalam hitungan menit, apabila berkas memang sudah lengkap.

"Kalau dulu kami masih kesulitan menjelaskan soal inden Xpander. Banyak konsumen yang mau mobilnya dikirim lebih cepat. Tapi sekarang sudah tidak inden, dan bisa langsung dikirim kalau proses SPK-nya sudah lengkap," jelas sales itu lagi.

Masih ada empat hari pameran Telkomsel IIMS 2019 berlangsung, sampai Minggu (5/5/2019). Buat Anda yang tertarik mencari mobil baru termasuk Xpander, bisa langsung menyambangi JIExpo, Kemayoran. Kelebihannya, pengunjung bisa langsung melakukan test drive untuk menjajal lebih dulu mobil mana yang menjadi incaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com