Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Merah Uji Tabrak Jeep Wrangler di Eropa

Kompas.com - 10/12/2018, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Jeep Wrangler ternyata tak setangguh tampangnya. Karena berdasarkan data hasil uji tabrak yang dirilis oleh Euro New Car Assessment Program (NCAP), mobil legendaris ini hanya sukses meraih satu bintang.

Melansir dari Autoevolution.com, Jeep Wrangler empat pintu ini dianggap tidak memiliki sistem keamanan aktif dan pasif. Tidak hanya itu, akibat perolehan hasil yang mengecewakan, mobil asal Amerika ini juga dianggap sangat tertinggal diantara semua pesaingnya.

"Benar-benar mengecewakan melihat mobil baru yang sudah dijual pada 2018 tanpa sistem pengereman otonom dan tidak ada fitur bantuan jalur," kata Sekertaris Jenderal Euro NCAP Michiel van Ratingen.

Baca juga: Cerita Hascar Akuisisi Jeep dari Garansindo

Pengetesan dilakukan saat posisi frontal pada generasi baru Jeep Wrangler varian Sahara 4 Door Unlimited yang diproduksi 2018. Berdasarkan, mobil SUV ini hanya meraih satu bintang dengan nilai 19,3 poin pada perlindungan penumpang dewasa, 34,3 poin pada pelindungan anak kecil, 23,9 poin untuk pelindungan pejalan kaki, dan 4,3 poin untuk fitur safety assist.

Hasil uji tabrak Jeep Wrangler mengecewakan Hasil uji tabrak Jeep Wrangler mengecewakan
Menurut penilaian, sektor depan pada pilar A tidak mampu menahan beban yang lebih tinggi. Untuk penumpang belakang, didapat hasil tes berdasarkan dummy menunjukan lemahnya pelindungan pada bagian leher, bahu, dan dada penumpang.

Baca juga: Generasi Baru Jeep Wrangler Meluncur di Indonesia

Meski demikian, untuk pengetesan sektor samping, Wrangler mengantongi hasil positif yang semua sektornya dinilai sangat baik.

Seperti diketahui, generasi Wrangler pun sudah resmi dipasarkan di Indonesia yang dibawa oleh PT Hascar Internasional Motor. Ada tiga varian yang dipasarkan, yakni Sport, Sahara, dan Rubicon.

All new Jeep Wrangler 2.0 L resmi masuk Indonesia stanly All new Jeep Wrangler 2.0 L resmi masuk Indonesia
Tidak seperti generasi sebelumnya, Wrangler baru telah dilengkapi dengan mesin berkubikasi hanya 2.000 cc yang ditemani teknologi turbo. Meski kapasitas lebih kecil tapi tenaganya tidak kalah dengan model lawas.

Apalagi dengan bobotnya yang diklaim telah terpangkas 100 kg berkat penggunaan bahan aluminium di beberapa sektor depan seperti, kap mesin, flare fender, pilar A, dudukan mesin, dan swing gate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com