Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Hascar Akuisisi Jeep dari Garansindo

Kompas.com - 04/12/2018, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama tak ada kabar, tiba-tiba All New Jeep Wrangler dengan mesin 2.000 cc resmi meluncur di Indonesia. Menariknya, di balik peluncuran generasi terbaru mobil legendaris ternyata sudah tak ada lagi nama Garansindo yang selama ini dikenal sebagai distributor resmi di Indonesia, melainkan berganti bendera menjadi Hascar Internasional Motor.

Lantas apa kabar dengan Garansindo?

Ari Utama selaku CEO Hascar, menjelaskan, kalau Hascar telah resmi mengakuisisi Garansindo International Motor, yang dulu merupakan agen resmi Jeep bahkan perwakilan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) di Indonesia.

"Kita masih sangat baru, kita berdiri itu Oktober 2018 lalu, dan peluncuran All New Jeep Wrangler ini sekaligus menjadi momen perkenalan Hascar sebagai APTM dari Jeep," kata Ari di Jakarta, Sabtu (1/12/2018).

Baca juga: Baru Meluncur, Jeep Wrangler Langsung Ludes di Indonesia

Proses pindah tangan Garansindo ke Hascar, menurut Ari sudah dimulai cukup lama. Dirinya pun mengatakan Hascar merupakan perusahaan otomotif yang masih sangat baru, karena didirikan khusus untuk pengajuan akusisi Jeep dari Garansindo ke pihak prinsipal FCA di Amerika Serikat.

Ari menjelaskan, kebetulan pihak prinsial menerima dan menetapkan Hascar sebagai general distributor yang baru bagi Jeep serta produk FCA lainnya di Indonesia. Kondisinya menurut Ari memang pihak prinsipal menginginkan sebuah perusahaan yang baru, artinya tidak ada kaintan dengan sebelumnya.

"Kita 100 persen baru, tidak ada hubungan dengan Garansindo, baik dari pemilik atau manajemen. Kebutulan prisipal juga memang meminta sebuah perusahaan baru, tidak ada kait mengkaitnya dengan yang lama," kata Ari.

All new Jeep Wrangler 2.0 L resmi masuk Indonesia stanly All new Jeep Wrangler 2.0 L resmi masuk Indonesia
Secara latar belakang, Ari mengaku belum punya pengalaman banyak dalam bisnis otomotif. Namun, kecintaannya pada Jeep, sekaligus pemakai, dan loyalis merek legendaris asa Amerika Serikat ini, membuat peluang bisnis terbentuk.

Jadi, Ari mengatakan, bersama beberapa rekanan lainnya berinisiatif untuk mengambil alih Jeep karena saat itu, mulai banyak keluhan yang menurutnya datang dari sisi layanan aftersales.

Baca juga: Generasi Baru Jeep Wrangler Meluncur di Indonesia

"Sebagai pecinta Jeep saya ingin membenarkan hal tersebut, karena saya termasuk salah satu penggunanya. Jadi ke depan, Hascar akan membehani masalah yang ada sebelumnya, paling utama aftersales untuk urusan teknis dan suku cadang," ucap Ari.

Lebih lanjut Ari menjelaskan bila Hascar merupakan perusahaan patungan yang dibentuk antar pecinta Jeep. Untuk dominasi saham, dimiliki mantan ketua JK Owner Indonesia yang juga pengiat off-road Sri Hascaryo, sementara Ari sendiri memiliki saham minoritas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com