Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Cari Mekanik Terbaik dari 40 SMK Binaan

Kompas.com - 16/10/2018, 18:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


CIKARANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melanjutkan pencarian siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbaik dalam ajang Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018. Kompetisi ini resmi dibuka dan akan dihelat selama dua hari (16-17/10/2018) di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Jawa BArat.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, menjelaskan untuk kompetisi tahun ini diikuti oleh 40 siswa SMK binaan yang telah melalui proses penyaringan di daerahnya masing-masing.

"Jumlahnya ada 29.735 siswa dari 638 SMK binaan AHM yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Dalam kesempatan ini hanya 40 siswa terbaik yang terpilih untuk menunjukan keterampilan mereka," ucap Muhibbuddin di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018).

Baca juga: 5 Siswa SMK Terbaik Jabar Ikut Technical Skill Contest Honda

Menurut Muhib, para siswa akan menunjukan keterampilan mereka di dunia roda dua. Mulai dari teori, keahlian dalam urusan praktik kerja, sampai pemecahan masalah pada sepeda motor.

Program AHSC dibuat khusus untuk memberikan kontribusi positif perusahaan terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri di Indonesia. Kegiatan ini secara tak langsung juga membidik terciptanya tenaga terampil dan kompeten sesuai dengan perkembangan teknologi sepeda motor terkini.

Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018 Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018

Menurut HR, GA, IT AHM Markus Budiman, perhatian pemerintah terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri semakin besar. Selain menerapkan kurikulum perusahaan juga mengalibrasi dan menguji kompetensi para siswa, agar kualitas lulusannya semakin menjawab kompetisi dunia industri.

Baca juga: AHM Gandeng 60 SMK Vokasi di Sumatera

"Peran serta industri otomotif roda dua semakin strategis terhadap dunai pendidikan dan vokasi industri. Kami berharap kegiatan ini mampu memenuhi kebutuhan terhadap program link and match dunia usaha dan pendidikan," kata Markus.

Tiga siswa SMK terbaik akan mendapat sejumlah penghargaan. Untuk juara satu mendapatkan beasiswa sebesar Rp 8 juta, Rp 5 juta untuk juara kedua, dan Rp 3 juta untuk pemenang ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com