Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi VW Beetle Berakhir Tahun Depan

Kompas.com - 17/09/2018, 18:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber autocar

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertahan beberapa dekade, Volkswagen akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi model ikoniknya, Beetle.

Keputusan ini diambil mulai tahun depan dengan menghadirkan dua edisi spesial menyambut penghentian produksi model tersebut.

Dilansir dari Autocar.co.uk, kedua varian Beetle tersebut diambil dari generasi ketiga yang pertama kali dihadirkan pada 2011. Keduanya akan lahir dari lini produksi Volkswagen di Mexico.

Kedua model spesial ini akan diberi nama Final Edition SE dan Final Edition SEL. Perubahan yang diberikan termasuk warna khusus, beberapa fitur tambahan yang ekslusif diberikan pada kedua model dan trim interior yang tidak ditemui di model biasa.

"Kehilangan Beetle setelah tiga generasi, hampir tujuh dekade, akan membuat fans Beetle terharu. Setelah kita bergerak ke produsen otomotif yang lebih fokus pada mobil keluarga serta menyambut strategi untuk masuk ke kendaraan listrik, memang tidak ada rencana untuk menggantikan Beetle," ucap CEO Volskwagen Group Amerika Hinrich Woebcken, Senin (17/9/2018).

Baca juga: Beetle Battle Rayakan 80 Tahun VW Beetle

VW Beetle akan terakhir diproduksi tahun depanAutocar.co.uk VW Beetle akan terakhir diproduksi tahun depan

Meski demikian, Woebcken memberikan petunjuk bahwa ini bukan akhir dari Beetle. Kemungkinan di masa depan kembali hadir mobil yang menjadi cikal bakal Beetle baru.

Beetle sendiri diciptakan pada awal 1930-an dengan produksi pertama pada 1938 dan terus diproduksi sampai 2003. New Beetle yang lebih modern diperkenalkan pada 1997 yang menggunakan platform VW Golf dengan angka penjualan di beberapa tahun terakhir terus menurun.

Volkswagen sendiri sempat memperlihatkan konsep kendaraan listrik yang diberi nama ID Buzz electric. Konsep ini mengambil bentuk VW Type 2 Transporter yang sempat hadir di 1949. Model ini diperkirakan akan diproduksi pada 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com