Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Brio Lawas di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 02/09/2018, 10:32 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda masih memasarkan Brio model lawas, namun secara jumlah sudah tidak banyak lagi. Sebab, generasi terbaru dari mobil kota (city car) itu sudah resmi diluncurkan pada ajang GIIAS yang berlangsung 2-12 Agustus 2018.

Tentunya model lama yang masih dijual itu ditawarkan dengan program diskon. Kondisi itu juga yang menjadikan harga Brio di pasar mobil bekas menjadi turun, secara permintaan pun lebih loyo dibanding sebelum keluar versi anyar.

Darwin, salah seorang pemilik diler mobil seken di WTC Mangga Dua mengakui bahwa harga Brio lawas mengalami penurunan, karena hadirnya model terbaru.

"Itu sudah pasti, setiap model seperti itu. Turunnya kurang lebih sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta," kata Darwin ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ratusan Stok Brio Lawas Mulai "Banting Harga"

Kondisi itu juga dialami oleh pedagang mobil bekas lain, seperti yang berada di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur. Beberapa pebisnis mobil seken yang dijumpai Kompas.com pekan lalu, mengatakan bahwa terjadi penurunan harga.

"Besarannya memang tidak sama setiap diler. Tetapi kalau untuk model seperti itu dari Rp 2 jutaan sampai Rp 4 jutaan. Tergantung kondisi, dan juga tahun, serta tipenya dulu seperti apa," ungkap Asep.

Rata-rata untuk harga Brio tipe E CVT produksi 2017 dijual Rp 135 jutaan, sementara untuk Brio Satya alias versi Low Cost Green Car/LCGC untuk rakitan 2016 tipe E Rp 120 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com