Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusak Tabrak Pohon, Mobil Ini Masih Laku Rp 6,8 Miliar

Kompas.com - 29/08/2018, 13:19 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil klasik biasanya diburu kolektor dengan syarat tinggi terkait orisinalitasnya. Mobil yang dalam keadaan terawat akan mendapatkan nilai uang yang lebih besar dibanding mobil dengan kondisi rusak.

Namun hal itu tidak berlaku di ajang lelalng Monterey Car Week yang diadakan minggu lalu. Balai lelang Mecum Auction membawa sebuah Porsche 959 Komfort tahun 1987 dalam keadaan rusak dan berhasil menjualnya seharga hampir 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,8 miliar!

Kerusakan Porsche klasik tersebut didapat saat truk towing yang membawanya tergelincir dan membuat mobil klasik tersebut meluncur ke sebuah pohon. Tabrakan ini membuat kerusakan besar di bagian depan, membuat bemper depan, grille dan kap mesin serta bagian ban depan hancur berantakan.

Beruntung mobil ini masih bisa bergerak menggunakan mesinnya dengan menggunakan ban cadangan di bagian depan.

Baca juga: Porsche Rakit 911 Koleksi Klasik

TIdak diketahui alasan pemilik sebelumnya tetap melelang Porsche ini dalam kondisi rusak tanpa memperbaikinya terlebih dulu. Akibat kecelakaan ini sang pemilik gagal menawarkan Porsche tersebut dalam harga 1 juta dollar AS seperti model Komfort lainnya selama ini.

Kenapa Porsche Komfort ini sangat diinginkan kolektor tidak lain karena hanya ada 294 unit dibuat di seluruh dunia. Untuk unit yang tertabrak ini tercatat hanya pernah digerakkan sejauh 5.885 kilometer di odometernya. Karena mesinnya di belakang, pemilik baru tidak perlu khawatir untuk memperbaiki bagian termahal di mobil tersebut.

Diperkirakan memperbaiki mobil ini tidak akan murah. Masih menjadi misteri juga mengapa pemilik baru ini mau membawa pulang mobil rusak tersebut, yang pasti ia memiliki uang yang banyak dan tahu bahwa mobil ini dapat menjadi investasi yang bagus buat masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com