Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ciaz Baru Mulai Menggoda, Punya Mesin Baru?

Kompas.com - 24/07/2018, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar akan kehadiran sedan Suzuki Ciaz dengan penyegaran baru semakin santer. Apalagi ditambah dengan mulai keluarnya potongan foto menggoda, lewat video singkat yang diunggah salah satu dealer Suzuki di India, Nexa.

Rumor yang beredar kalau Ciaz terbaru akan meluncur pada pertengahan Agustus 2018, dari Indianautorsblog dan Carandbike, Senin (23/7/2018). Jadwal ini mundur, dari kabar sebelumnya yang menyebut pada awal bulan kedelapan.

Tampak pada gambar lampu depan LED 2018 Ciaz mendapat pembaruan, dengan daytime running light, serta grille baru dengan elemen krom.

Selain itu, tampak juga velg baru dan bumper depan-belakang yang direnovasi ulang. Pada bagian dalam, pesaing Toyota Vios dan Honda City disebut-sebut punya nuansa yang lebih premium dengan plastik dan material baru, warna kayu lebih terang dan sedikit perubahan dalam warna interior keseluruhan.

Baca juga: Suzuki Mengaku Masih Jual Ciaz di Indonesia

Teaser foto Ciaz 2018.INDIANAUTOSBLOG Teaser foto Ciaz 2018.

Nampaknya, mini sedan Suzuki ini juga akan punya instrumen cluster baru, dengan tampilan multi-info display serupa dengan yang ada di Suzuki Baleno.

Pada bagian mesin, rumornya Ciaz 2018 bakal menggendong mesin bensin empat silinder K15B VVT 1.5 liter, yang akan menggantikan versi 1.4 liter. Pihak Maruti (Suzuki) kemungkinan menawarkan teknologi smart-hybrid SHVS pada mesin bensinnya.

Suzuki Indonesia, sampai saat ini belum merespon KOMPAS.com terkait bakal meluncurnya Ciaz baru ini. Apakah bakal diboyong ke Indonesia juga?

Memang, penjualan Ciaz di dalam negeri tak begitu baik. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) jualan Ciaz 120 unit pada 2015. Kemudian di 2016 hanya 35 unit, 2017 30 unit, sementara di 2018 ini kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com