Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jagoan Honda Selama Semester Pertama 2018

Kompas.com - 12/07/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang semester pertama (Januari-Juni) 2018, total penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) tembus 76.694 unit. Tahun lalu diperiode yang sama secara wholesales terjual 93.261 unit.

Secara kontribusi, dalam enam bulan pertama tahun ini disumbangkan oleh tiga model, yaitu Brio, HR-V, dan terakhir Mobilio.

Brio Satya menjadi model terlaris dengan total 23.475 unit atau 30 persen dari total penjualan Honda. Brio RS 5.887 unit atau mengalami peningkatan 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi terbesar kedua, yakni HR-V 1.5-liter dengan 15.339 unit atau menyumbangkan 20 persen dari total penjualan HPM, serta menguasai 29 persen pasar low sport utility vehicle (LSUV).

Baca juga: Luncurkan Motor Listrik, Honda Gandeng Panasonic buat Baterai

Urutan ketiga, yaitu Mobilio dengan total penjualan 11.718 unit atau tumbuh 15 persen, serta meraih pangsa pasar sembilan persen di segmen LMPV.

Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy mengatakan bahwa meskipun pasar di semester pertama tahun ini cukup keras, Honda masih dapat mencapai pertumbuhan positif terutama di beberapa segmen seperti LCGC, city car dan SUV.

"Kami optimis dapat mempertahankan tren positif ini di paruh kedua dengan didukung penyegaran produk serta program penjualan dan purna jual yang akan memberikan nilai lebih bagi konsumen," kata Jonfis dalam siaran resmi, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: CRF150L Ciptakan Pasar Sendiri di Kelas Trail

Model lain, sepeti BR-V terjual 3.021 unit dengan pangsa pasar enam persen disegmen LSUV, diikuti oleh Civic Hatchback 1.390 unit dengan pangsa pasar delapan persen di segmen Hatchback.

Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor. KOMPAS.com/Aditya Maulana Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor.

Sementara di kategori Sedan, seperti Civic berhasil menjadi market leader segmen Small Sedan dengan penjualan 1.017 unit dan pangsa pasar 72 persen.

Selanjutnya City juga menjadi pemimpin pasar disegmen Mini Sedan dengan penjualan 487 unit dan pangsa pasar mencapai 67 persen. Sedangkan Accord 100 unit dengan pangsa pasar tujuh persen.

Produk lainnya yang juga berkontribusi, yaitu Odyssey 131 unit dan Civic Type R 21 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com