Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Belum Tentu Merasakan Kolaborasi Suzuki-Toyota

Kompas.com - 01/06/2018, 03:32 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beda dari di Indonesia yang menggandeng Daihatsu, Toyota merangkul Suzuki buat ekspansi otomotif di India. Kerja sama keduanya sudah meluas, namun belum diketahui dampaknya buat Indonesia.

Dari kubu Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan kerja sama itu merupakan  hasil kesepakatan prinsipal. Efeknya belum tentu sampai ke Indonesia.

“Kalau tentang itu kami tidak bisa berkata lebih jauh. Kami masih menunggu arahan detail dari prinsipal kami. Jadi ini sudah ranah mereka, kebijakannya korporasi,” ucap Donny, di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Suzuki dan Toyota mengumumkan pertama kali berkolaborasi untuk pasar India pada Februari 2017. Lantas pada April 2018 disampaikan kepada publik bahwa keduanya bertukar model.

Baca juga: Suzuki dan Toyota Mau Jadi Raja di India

Render Toyota Corolla menggunakan emblem Suzuki.INDIANAUTOSBLOG.com Render Toyota Corolla menggunakan emblem Suzuki.

Suzuki memberikan Baleno dan Vitara Brezza untuk dijual  dengan lambangToyota. Sedangkan, Suzuki akan memasarkan Corolla.

Pada akhir Mei 2018, diumumkan lagi kesepakatan tambahan yaitu kerja sama i ranah pabrik dan jaringan diler. Suzuki bisa mengakses pabrik Toyota di India untuk memproduksi model yang akan dijual di diler Suzuki dan Toyota.

Selain itu, Suzuki dan Toyota akan memanfaatkan basis produksi keduanya di India untuk menjamah pasar Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com