Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Periksa Ban Agar Selamat di Jalan

Kompas.com - 08/05/2018, 16:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

Karawang, KOMPAS.com -Pemeriksaan ban secara rutin dinilai dapat menghindarkan pengendara dari masalah saat berkendara, selain tentunya menjaga keamanan dalam berkendara itu sendiri.

Berbicara mengenai hal ini, ada empat hal yang perlu diperhatikan saat pemeriksaan rutin terhadap ban kendaraan.

Empat hal inilah yang jadi bagian dari kampanye keselamatan ban (tire safety) yang diselenggarakan Bridgestone Tire Indonesia selama 10 hari, dari mulai 3 Mei hingga 12 Mei 2018 di lokasi rest area KM57, Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

Baca juga : Pilihan Baru Ban Motor Dual Purpose

1. Pemeriksaan tekanan angin. Saat pemeriksaan tekanan angin, sesuaikanlah tekanan angin dengan berat muatan, atau naikan tekanan ke standar maksimum. Kemudian periksalah tekanan angin minimal sebulan sekali.

Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia Gaurav Gupta memperagakan cara memeriksa tekanan angin dengan alat khusus dalam kunjungannya ke rest area 57 Tol Jakarta-Cikampek yang menjadi lokasi kampanye keselamatan ban, Selasa (8/5/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia Gaurav Gupta memperagakan cara memeriksa tekanan angin dengan alat khusus dalam kunjungannya ke rest area 57 Tol Jakarta-Cikampek yang menjadi lokasi kampanye keselamatan ban, Selasa (8/5/2018).

Pemeriksaan tekanan angin hanya dilakukan saat ban dalam keadaan dingin. Untuk ban cadangan, tekanan angin harus di atas tekanan standar.

2. Perlu diperhatikan adalah bersihkan ban dari benda-benda asing. Sebab acapkali ada benda-benda yang menempel dan bisa merusak alur ban, seperti batu kerikil, paku, besi dan sebagainya.

Baca juga : Pengguna Chevrolet Trax Keluhkan Ban yang Gampang Sobek

3. Selanjutnya, periksa bagian luar ban. Apabila ada sobek atau retak, ban disarankan diganti karena berpotensi pecah tiba-tiba saat tengah digunakan.

4. periksa tanda keausan pada ban. Bila alur ban menjadi 1,6 mm atau kurang, segeralah ganti ban dengan yang baru.

Cara mengecek kembang ban yang diperagakan dalam kampanye keselamatan ban yang diadakan Bridgestone Indonesia di rest area 57 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Selasa (8/5/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Cara mengecek kembang ban yang diperagakan dalam kampanye keselamatan ban yang diadakan Bridgestone Indonesia di rest area 57 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Selasa (8/5/2018).

Seperti tahun sebelumnya, tema kampanye Tire Safety yang diusung Bridgestone mengambil tema "Ban Sehat, Anda Selamat". Kampanye tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan kepada masyarata pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara.

Dalam kampanye ini, tenaga ahli Bridgestone di lokasi akan memeriksa kondisi ban kendaraan seluruh pengunjung. Selain itu, mereka juga menyampaikan penjelasan mengenai pengetahuan seputar perawatan ban untuk mendapatkan performa berkendara yang optimal dan tentunya aman.

Seperti contoh, pengendara diajarkan bagaimana cara memeriksa tapak ban untuk menghindari bahaya akibat kerusakan pada ban yang sudah aus atau rusak.

"Jadi ada edukasi bagi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya," kata Presiden Direktur PT Bridgestone Indonesia Gaurav Gupta saat datang ke lokasi kampanye tire safety, Selasa (8/5/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com