Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Marquez soal Start Aneh di GP Argentina

Kompas.com - 10/04/2018, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Termas de Río Hondo, KOMPAS.com — Salah satu adegan kelakuan aneh Marc Marquez di GP Argentina pada Minggu (8/4/2018) yakni ketika dia mendorong sendiri sepeda motornya yang mati sesaat sebelum start dimulai. Motornya berhasil menyala, tetapi kemudian dia memutar balik ke posisi dia start yang kemudian jadi masalah.

Marquez sempat start seperti biasa, tetapi gara-gara kejadian awal itu, race direction memberikannya penalti masuk ke jalur pit pada putaran kedua. Usai lomba, Marquez menjelaskan dia melakukan “keanehan” itu karena tidak mendapat instruksi yang jelas.

Diberitakan Motorsport.com, Marquez menjelaskan saat dia sampai di garis start mesinnya berhenti. Pebalap asal Spanyol itu sempat mengangkat tangan, tetapi tidak ada yang orang di sekitar yang perhatian.

“Kemudian saya mulai mendorong motor. Untungnya motor menyala dan pada saat itu saya tidak tahu apa yang harus dilakukan. Saya tahu kalau motor (tidak menyala) saya perlu keluar (ke pit), tapi motor itu menyala,” kata Marquez.

“Kepada marshal, saya bertanya, karena dia berhubungan dengan race direction dan saya bertanya, ‘Pit atau garis start?’,” ucap Marquez.

Dalam video terlihat marshal memang mendekati Marquez, namun kemudian melepas pegangannya dari motor. Marquez mengatakan dia melihat marshal yang lain memberikan gestur jempol ke atas, saat itulah dia pikir harus kembali ke posisi start.

“Kemudian saya memulai lomba, ‘ride-through penalty’ muncul di dasbor, sesuatu yang saya tidak mengerti, karena bila satu marshal mengizinkan kenapa di beberapa putaran kemudian mengatakan tidak diizinkan dan Anda perlu melewati jalur pit?” ujar Marquez.

Baca: Marquez Bilang Insiden dengan Rossi Bukan Aksi Gila

Marquez akhirnya bisa finis ke-5 di GP Argentina. Meski begitu, setelah dia terlibat insiden hingga membuat Valentino Rossi terjatuh, dia mendapat penalti 30 detik hingga finis ke-18.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com