Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Indonesia Anggap Merek China Belum Jadi Pesaing

Kompas.com - 01/04/2018, 14:05 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Kedatangan merek China, Wuling, dan yang sebentar lagi ikutan ramai, Sokonindo (Sokon-DFSK), dianggap belum menjadi pesaing oleh Hyundai Mobil Indonesia (HMI). Model-model yang ditawarkan kedua merek China itu tidak berbenturan dengan merek Hyundai.

Wuling saat ini punya dua model MPV, yaitu Confero dan Cortez. Sementara Sokonindo menawarkan pikap mini K01S dan K02S serta SUV yang akan diluncurkan pada April nanti, Glory 580. Di sisi koin yang lain, Hyundai punya daftar model city car i10, hacthback i20, SUV Tucson, SUV Santa Fe, MPV Starex Mover, MPV H-1, dan pikap H-100.

Baca: Mobil China Sokon ?Glory 580? Dijual Awal 2018

“Pasti kami menganggapnya sebagai kompetitor, dalam arti punya prospek. Tapi, kebetulan yang diluncurkan mereka, kami tidak punya. Jadi tidak ada kompetisi langsung,” ucap Deputy Marketing Director HMI Hendrik Wiradjaja, Senin (26/3/2018).

Perihal tusukan merek China dengan harga murah pada merek Jepang berpotensi menyerang merek Korea Selatan, Hendrik mengatakan, biar nantinya konsumen yang menentukan. Hendrik yakin dengan keunggulan Hyundai sebagai merek yang sudah diakui global. Kualitas produknya juga dikatakan sudah teruji karena bisa masuk di banyak pasar dunia.

Saat baru masuk ke pasar Indonesia, ujar Hendrik, Hyundai juga melakukan strategi serupa, memikat pasar dengan harga unik untuk menghindari persaingan langsung dengan Jepang. Namun seiring waktu, ditambah kemampuan bersaing yang berkembang, pada akhirnya harga murah bukanlah satu-satunya strategi yang paling dominan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com