Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Cross Resmi Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 01/02/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Purwakarta, KOMPAS.com – Tanpa ingar bingar dan kemeriahan seperti saat peluncuran global,  Datsun Indonesia resmi memulai produksi pertama model andalan barunya, Cross, di pabrik Nissan Motor Indonesia (NMI) Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (31/1/2018).

Saat seremoni peluncurannya pada 18 Januari 2018, pihak Datsun menyebut pengiriman compact cross-over baru kepada pelanggan akan dimulai pada Maret 2018 nanti. Ini merupakan model pertama Datsun di Indonesia yang mengadopsi transmisi otomatis kekinian, CVT.

Datsun Cross resmi mulai diproduksi untuk pelanggan Indonesia, dengan pengiriman pertama pada Maret nanti. Dimulainya produksi ini adalah momen penting, karena merupakan tonggak sejarah untuk Datsun,” ujar Eiichi Koito, Presiden Direktur NMI dalam siaran resminya, Kamis (31/1/2018).

Pabrik NMI berdiri di lahan dengan luas sekitar 35 hektar, dan didukung sekitar 2.400 karyawan. Pabrik ini juga memproduksi mobil Datsun GO+ dan GO Panca, serta sejumlah model Nissan yang dijual di Indonesia.

Baca juga : Pertama di Dunia, Datsun Cross Lahir di Indonesia

Tumpengan, menandai awal produksi Datsun Cross di Indonesia, Rabu (31/1/2018).Istimewa Tumpengan, menandai awal produksi Datsun Cross di Indonesia, Rabu (31/1/2018).

Fasilitas yang dimiliki pabrik Nissan ini, diklaim sudah menerapkan sistem produksi global, Nissan Production Way, yang akan menghasilkan produk berkualitas, sesuai standar global Nissan.

“Di setiap mobil Datsun Cross adalah kerja keras dan dedikasi tinggi, demi memastikan kualitas manufaktur yang bermutu tinggi. Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Cross mulai diproduksi,” ujar Fumitoshi Yoshikawa, Vice President Manufacturing NMI.

Sampai saat ini pihak Datsun Indonesia belum mengumumkan harga pastinya, di mana banderol untuk tipe terendahnya masih di kisaran Rp 163 jutaan.

Diklaim menciptakan segmen baru yang menawarkan berbagai fitur unggulan, Cross punya X-Tronic CVT, dan fitur keselamatan seperti VDC untuk semua kelas, yang terdiri atas anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD), traction control (TCS), brake-limited slip differential (B-LSD), dan juga dua buah kantung udara depan, sistem pemberi peringatan sabuk pengaman dan lampu depan otomatis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com