Kompas.com - 28/11/2017, 15:42 WIB
Potongan video yang memperlihatkan sebuah mobil jenis SUV yang tetap jalan meski di tengah banjir. Video di FacebookPotongan video yang memperlihatkan sebuah mobil jenis SUV yang tetap jalan meski di tengah banjir.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Mobil yang tertangkap kamera tengah menerobos banjir tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) itu diketahui tetap bisa berjalan walau ketinggian air mencapai lantai mobil.

Walaupun berhasil melibas banjir tanpa mengalami mogok, apa yang dilakukan oleh pengemudi mobil dinilai tidak tepat. Sebab tindakan ini dianggap nekat.

Baca juga : Mulai Sering Hujan, Jangan Nekat Terobos Banjir

Saat dimintai pendapat, General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman menyarankan agar pengemudi mobil jenis apapun untuk tidak melakukan hal yang sama. Bila menjumpai ketinggian air di permukaan jalan yang sudah mencapai lantai mobil, Iwan menyarankan agar pengemudi mencari jalan alternatif lain.

"Karena mobil bukan perahu. Sebisa mungkin hindari banjir. Kecuali benar-benar kepepet," kata Iwan kepada KompasOtomotif, Selasa (28/11/2017).

Potongan video yang memperlihatkan sebuah mobil jenis SUV yang tetap jalan meski di tengah banjir.Video di Facebook Potongan video yang memperlihatkan sebuah mobil jenis SUV yang tetap jalan meski di tengah banjir.

Menurut Iwan, tidak mogoknya mobil yang terekam di video disebabkan karena kecepatannya cenderung stabil dan tanpa pengereman. Selama mobil jalan terus, maka potensi air masuk ke mesin sangat kecil. Karena kanlpot akan terus menekan dan mencegah air masuk.

"Tapi kalau sampai mobil sempat berhenti, sangat berpotensi air masuk dari mesin dan knalpot," kata Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.