Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Jenis Ini Tidak Diterima di Diler Motor Bekas

Kompas.com - 01/02/2018, 11:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com — Diler-diler sepeda motor bekas biasanya menghimpun pasokan motor dengan dua cara, yakni membeli dengan sistem lelang yang diadakan perusahaan leasing atau bisa juga membeli langsung dari pemilik motor yang mau menjual.

Namun, khusus untuk cara yang kedua ini, hampir semua motor bekas menolak motor yang sudah dimodifikasi. Mereka hanya mau menerima motor yang masih dalam bentuk standar.

Pada Rabu (31/1/2018), Kompas.com mencoba mendatangi lima diler yang ada di Depok, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Dari lima diler, hanya satu yang mau menerima motor yang sudah dimodifikasi.

Baca juga: Pahami Modifikasi Antihangus Garansi

Empat diler yang menolak menyatakan motor modifikasi tidak akan laku dijual. Sebab, konsumen yang datang ke diler motor bekas (motkas) hanya mau membeli motor yang masih standar. Apalagi, diler motkas yang bekerja sama dengan leasing biasanya disyaratkan hanya boleh menjual motor standar. 

Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Rabu (31/1/2018).

"Kalau ada yang datang jual motor modifikasi, kami tidak akan terima. Sebab, leasing tidak memperbolehkan pengajuan kredit motor modifikasi," kata Kawoh, tenaga pemasaran di diler motkas Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Satunya-satu diler yang mau menerima motor modifikasi adalah Kembar Motor yang ada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sang pemilik diler, Ahmad Budiharja, menyatakan bersedia membeli motor modifikasi, tetapi dengan harga yang lebih murah. Tak peduli berapa biaya yang dihabiskan untuk motor tersebut.

Sebagai contoh, jika harga pasaran motor tersebut Rp 6 juta, Ahmad hanya bersedia membeli dengan harga Rp 4,5 juta. Sebab, Rp 1,5 juta akan digunakan untuk biaya mengembalikan motor tersebut ke kondisi standar.

"Modifikasi memang bagus kalau di komunitas, tetapi tidak untuk penjual," ujar Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com