Jual Mobil Bekas Modifikasi, Harga Siap-siap Jatuh - Kompas.com

Jual Mobil Bekas Modifikasi, Harga Siap-siap Jatuh

Kompas.com - 27/12/2017, 08:22 WIB
Toyota Avanza modifikasi di Makassar dalam Avanza Pop You Up 2015.KompasOtomotif-donny apriliananda Toyota Avanza modifikasi di Makassar dalam Avanza Pop You Up 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Karakter pemilik kendaraan beragam, ada yang hanya menggunakan mobil untuk moda transportasi pribadi, bersama teman, keluarga, atau untuk berbisnis. Kemudian ada juga yang menyalurkan hobi seninya, dengan memodifikasi.

Namun, khusus untuk pengguna dengan tipe karakter terakhir, bagaimana ketika akan menjual mobilnya yang sudah dimodifikasi di pasar mobil bekas? Apakah diterima dan bagaimana posisi harganya?

Halomoan Fischer, Chief Operating Officer mobil88 penjual mobil bekas (mobkas) bagian dari Grup Astra mengatakan, kalau sudah umum kalau mobil hasil modifikasi akan dihargai cukup rendah. Pasalnya, modifikasi berdasarkan selera dan tak banyak konsumen mobkas dengan kesukaan yang sama.

“Jadi kami harus menjual ke orang yang seleranya sama. Kalau di mobil88 mobil hasil modifikasi akan kami standarkan lagi, agar lebih umum dan semua suka. Jadi harganya akan lebih rendah harganya, karena kami perlu biasanya untuk menormalkannya lagi,” ucap Fischer kepada KompasOtomotif, Senin (11/12/2017).

Baca juga : Harus Cerdas Saat Beli Mobil Bekas

Modifikasi Daihatsu di Padangdok.ADM Modifikasi Daihatsu di Padang

Fischer menyarankan, kalau mobil yang sudah dimodifikasi dan akan dijual lebih baik diubah lagi ke kondisi standar saja. Itu disebut Fischer membuat harga jualnya menjadi lebih baik.

“Perlu diperhatikan lagi, kalau mobil sudah dimodifkasi dan tak sesuai lagi dengan spesifikasi pabrik, kecenderungannya akan ada masalah, seperti velg buat lebih besar kemungkinan suspensi bakal lebih cepet untuk diganti, malah bisa merembet ke mana-mana,” ujar Fischer.

“Jadi intinya saran kami adalah buat mobil kembali seperti semula saja dulu. Kecuali mau ikut kontes, tidak apa-apa mobil rusak yang terpenting dapat hadiah,” kata Fischer.

Di mobil88 sendiri, Fischer menyebut kalau pihaknya menerima segala macam mobil bekas terutama yang tahun muda, termasuk yang modifikasi. Namun memang soal nilainya atau harganya akan disesuaikan dengan kondisi. 


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X