Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agra Mas Luncurkan Bus Tingkat Jakarta-Jepara Fasilitas Premium

Kompas.com - 28/01/2018, 10:45 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, Kompas.com - Penggunaan bus tingkat (double decker) untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) belakangan mulai marak dilakukan sejumlah perusahaan otobus (PO). Tercatat sudah ada beberapa PO bus yang melayani rute bus tingkat AKAP ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satunya PO Agra Mas.

Baca juga : Intip Kemewahan Bus Tingkat Lorena Seharga Rp 3,4 Miliar

Pada Sabtu (27/1/2018), PO Agra Mas kembali meluncurkan bus AKAP rute terbaru, yakni ke Jepara, Jawa Tengah. Ini merupakan rute bus tingkat AKAP kedua yang diluncurkan oleh Agra setelah ke Wonogiri. 

Seperti bus-bus tingkat yang sudah ada, bus tingkat AKAP Agra juga dilengkapi beberapa fasilitas headrest monitor di tiap kursi, toilet dan ruang khusus untuk merokok atau smoking room. 

Fasilitas toilet dan smoking room yang ada pada bus tingkat AKAP milik Agra Mas rute Jakarta-Jepara.Dokumentasi Agra Mas Fasilitas toilet dan smoking room yang ada pada bus tingkat AKAP milik Agra Mas rute Jakarta-Jepara.

Dari data yang diterima Kompas.com, bus tingkat AKAP milik Agra tersebut menggunakan mesin dan sasis Scania K4101B Opticruise yang dirakit oleh perusahaan karoseri Adiputro. Ini merupakan bus tingkat keempat yang dimiliki oleh Agra.

Bus tingkat AKAP Agra berkapasitas 42 orang, yang terbagi menjadi 36 kursi di lantai atas dan 6 kursi di lantai bawah. Kursi lantai atas menggunakan formasi baris 2-2, sedangkan kursi lantai bawah menggunakan formasi baris 2-1.

Posisi toilet ada bagian belakang lantai bawah. Sedangkan smoking room di bagian belakang lantai atas.

Jenis kursi yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk bus tingkat AKAP rute Jakarta-Jepara.Dokumentasi Agra Mas Jenis kursi yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk bus tingkat AKAP rute Jakarta-Jepara.

Perbedaan formasi antara kursi lantai atas dan bawah berdampak ke adanya perbedaan harga. Namun seluruh kursi tetap menggunakan material, ukuran, dan fasilitas yang sama. Selain headrest monitor ukuran 10 inci, tiap kursi juga dilengkapi port USB, sandaran kaki dan bisa disetel untuk posisi tidur.

"Untuk kursi di lantai bawah harganya Rp 300.000 sampai 310.000, kursi di lantai atas Rp 215.000 sampai 225.000," kata Kepala Bagian Operasional Bus Malam Agra Mas, Utut Saptio Wibowo.

Bus tingkat AKAP Agra Mas Jakarta-Jepara diketahui melintasi rute Parung Bogor-Terminal Pulogebang-Semarang-Demak-Kudus-Jepara-Sambung Oyot-Kelet.

Fasilitas headrest monitor dan port USB pada kursi yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk bus tingkat AKAP rute Jakarta-Jepara.Dokumentasi Agra Mas Fasilitas headrest monitor dan port USB pada kursi yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk bus tingkat AKAP rute Jakarta-Jepara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com