Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Cortez Pakai Transmisi AMT

Kompas.com - 26/12/2017, 15:00 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif - Wuling Cortez yang mulai dijual pada kuartal pertama 2018, dilengkapi dengan dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis. Versi matik, menggunakan teknologi intellegent-AMT (Automatic Manual Transmission) 5-percepatan.

Berdasarkan keterangan resmi, Selasa (26/12/2017) merek asal China itu mengklaim bahwa teknologi AMT yang dibenamkan di multi purpose vehicle (MPV)-nya itu berbeda dengan AMT pada umumnya.

"Transmisi i-AMT yang dimiliki Cortez memiliki respon yang baik dan hampir tidak ada selip, berbeda dengan transmisi AMT lainnya," kata Cindy Cai, Vice President VSSM Wuling Motors.

Perbedaan utama, lanjut Cindy i-AMT ini menawarkan kenyamanan saat terjadi perpindahan gear. Kata dia lebih lembut, dan tetap responsif.

Baca juga: Wuling Cortez Dijual Cuma Rp 180 Jutaan?

Bukan hanya itu, model transmisi ini juga dikatakan Cindy lebih murah dalam hal perawatan, ketimbang versi matik konvesional.

Mesin Wuling Cortez.Istimewa Mesin Wuling Cortez.

"Kalau yang konvesional dilengkapin pelumas ATF, harus diganti berkala. Kalau transmisi i-AMT tidak ada pelumasnya, jadi biaya perawatannya lebih murah," ujar Cindy.

Dikembangkan Khusus

Lanjut, Cindy i-AMT milik Cortez merupakan pengembangan khusus milik Aisin-Warner, sebuah perusahaan otomotif yang saat ini sangat piawai memasok drivetrain OEM (Original Equipment Market) ke berbagai merek, baik Jepang hingga Eropa.
   
Pengembangan tersebut dilakukan pada pengontrol modulnya, di mana AMT dikendalikan oleh TCM (Transmission Control Module) yang berfungsi mengontrol clutch motor, shift motor, dan selector motor.

Sementara pada Cortez sendiri, perangkat TCM sudah mendapat sentuhan khusus agar menghasilkan output yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com