Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan, Truk Penyapu Jalan Kolaborasi Jepang dan Turki

Kompas.com - 26/12/2017, 07:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta punya 'tenaga baru' bertugas untuk menjaga kebersihan di jalan Ibu Kota. Setelah membeli truk impor Dulevo buatan Italia, kini pilihan jatuh ke produsen lokal, Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), yang menggunakan perangkat kebersihan berupa sapu jalan, dari Ceksan Sweeper, Turki.

Berbeda dengan Dulevo yang berstatus CBU Italia, untuk truk terbaru ini, diproduksi menggunakan sasis truk Hino 300 buatan pabrik Hino Indonesia, di Purwakarta, Jawa Barat.

"Artinya untuk sasis lokal, pakai merek Hino, tapi hopernya pakai merk Ceksan dari Turki," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Hari Nugroho kepada KompasOtomotif, Senin (25/12/2017).

Hino Ranger FG 235 JJ Road Sweeper dan Hino Dutro 110 SDB AmbulansHino Motor Sales Indonesia (HMSI) Hino Ranger FG 235 JJ Road Sweeper dan Hino Dutro 110 SDB Ambulans

Secara keseluruhan kedua kendaraan penyapu jalan ini memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama membersihkan sampah dalam jumlah besar dengan waktu yang cepat. Namun ada perbedaan pada alat yang digunakan maupun kapasitas angkut.

Baca juga : Parade Truk Pelayan Publik dari Hino

Menurut Hari, Dulevo memiliki daya angkut sampah mencapai 6,2 meter kubik, sedangkan Hino-Ceksa hanya 4 meter kubik. Dulevo sendiri merupakan compact sweeper yang menggunakan sistem 70 persen mechanical sweeper, dan 30 persen vacuum sweeper. Sedangkan Hino-Ceksan merupakan mounted sweeper yang 100 persen menggunakan sistem vacuum sweeper.

"Tapi masing-masing punya kelebihan. Pemakaiannya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan," ujar Hari.

Baca juga : Jelang Asian Games 2018, DKI Remajakan Sarana Kebersihan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com