Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Truk Pelayan Publik dari Hino

Kompas.com - 19/08/2016, 08:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Sasis kendaraan niaga sudah terkenal bisa mengakomodasi banyak model buat beragam kebutuhan. Kelebihan itu ditunjukan Hino di Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Ada empat model yang khusus digunakan untuk melayani publik. Keempatnya yaitu truk pemadam kebakaran, ambulans, bus sekolah, dan road sweeper alias penyapu jalan.

Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Hino Dutro 130 HD Pemadam Kebakaran
Truk pemadam kebakaran Hino menggunakan sasis light duty Dutro 130 HD. Truk dengan enam roda dan memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 8,25 ton ini cocok buat mengangkut air cadangan buat memadamkan api. Daya tampungnya mencapai 4.000 liter.

Peran ambulans sangat penting ketika mengangkut pasien. Gerakan lincah wajib dimiliki sekaligus memiliki ruang yang besar untuk membawa peralatan medis. Ambulans ini menggunakan sasis Dutro 110 SDB yang biasa dipakai sebagai landasan bus mini.

Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Hino FB 130 Bus Sekolah.
Pemerintah DKI Jakarta lagi giat menyediakan bus gratis buat pelajar biar makin rajin ke sekolah. Bus sekolah dari Hino menggunakan sasis FB 130. Hino menjelaskan bus ini sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus berbasis android, jadi orang tua bisa memantau pergerakan, kecepatan, lokasi, rute, dan informasi lainnya termasuk nama pengemudi.

Truk penyapu jalan dari Hino memakai sasis Ranger FG 235 JJ. Truk ini sudah dilengkapi dengan teknologi vakum guna menyedot sampah kecil hingga besar di jalan. Ada juga penyemprot air bertekanan tinggi buat membersihkan jalan.

“Hino tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komersial semata, tapi kendaraan kami juga siap membantu masyarakat dalam berbagai pelayanan, untuk itu kami siap menyediakan armada bagi pemerintah akan kebutuhan kendaraan yang handal,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, dalam keterangan resminya, Kamis (18/8/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com