Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Pengampunan Pajak, Orang Kaya Tak Takut Beli Lexus

Kompas.com - 20/12/2017, 10:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak prediksi mengatakan suasana dalam negeri bakal menghangat pada tahun depan gara-gara Pilkada yang dilakukan serentak pada Juni 2018. Dampaknya bisa negatif ke bisnis otomotif, terutama kelas premium dengan produk harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Bagaimana kata Lexus Indonesia?

Ternyata kondisi politik tidak berpengaruh buat merek mewah Toyota itu. General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, mengatakan orang kaya sekarang sudah tidak takut beli mobil mewah karena ada tax amnesty.

“Dulu di tahun politik, takut dikejar pajak. Sekarang sudah ada tax  amnesty, jadi enggak takut lagi. Sudah tidak bakal terulang lagi ‘1998’, ucap Adrian, di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Baca: Menanti Sedan Paling Mewah Lexus Dipakai Bos-bos Indonesia

Penjaga stan berada di samping mobil Lexus seri LC500 ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17ANTARA FOTO/Saptono Penjaga stan berada di samping mobil Lexus seri LC500 ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17

Tax amnesty merupakan kebijakan dari pemerintah menghapus pajak tertentu dengan cara mengungkap kekayaan wajib pajak. Pada Juli 2016, Pemerintah Indonesia mengundangkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak yang sudah ditandatangani Presiden RI Joko Widodo.

Buat Lexus, panasnya suhu politik tidak bikin penjualan drop. Buktinya, kata Adrian, pada tahun ini, saat pemilihan Gubernur Jakarta, Lexus Indonesia justru menggapai rekor penjualan lagi, naik 20 persen dari tahun lalu.

Baca: Lexus Indonesia Cetak Rekor Penjualan Lagi

“Jadi sekarang sudah enggak berpengaruh, ya karena tax amnesty. Orang kaya sudah jadi kaya benaran sekarang,” ujar Adrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com