Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli RX King Lawas, Bisa Kredit

Kompas.com - 05/12/2017, 16:22 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Peminat motor RX King masih tinggi, meskipun Yamaha resmi memberhentikan produksinya sejak 2009. Hal ini terlihat dari banyaknya calon pembeli motor yang bertanya ke diler motor bekas. Namun, tidak banyak diler motor bekas yang masih memiliki unit motor tersebut. Sebab untuk mendapatkannya pun cukup sulit.

"Istilahnya, untung-untungan saja, Kalau saya nyari kadang susah juga dapatnya, enggak nemu orang yang mau jual. Tapi kadang ada yang datang ke sini nawarin motornya untuk di jual atau tukar tambah," kata Andreas dari Pelangi motor, penjual motor bekas di bilangan Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (5/12/2017).

Andreas mengatakan, harga jual RX King memang tidak seperti motor bekas kekinian. Istilahnya, harganya "agak gelap". Hal itu lantaran sejumlah pedagang motor bekas membanderol harga per unitnya dengan kisaran yang tinggi atau tergantung kesepakatan penjual dan pembelinya.

Baca juga : Harga Yamaha RX King Kian Melambung, Sampai Rp 22 Juta

Pantauan KompasOtomotif, Andreas masih memiliki 4 unit dari berbagai tahun yang sudah siap dijual. Paling mahal, ia membanderol harga Rp 16 jutaan dengan kondisi motor orisinil atau keseluruhan spare part motor masih asli. Sedangkan untuk motor yang beberapa bagiannya bukan lagi bawaan pabrik, dibanderol dengan lebih murah.

Diler motor bekas Pelangi motor yang berlokasi di bilangan Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur.Fachri Fachrudin Diler motor bekas Pelangi motor yang berlokasi di bilangan Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Kampung Melayu, Jakarta Timur.
Andreas mengatakan, kebanyakan pelanggannya adalah bapak-bapak yang usianya cukup tua. Alasan membeli RX King sebagai koleksi. Selain itu, mereka juga lebih memilih membeli dengan cara kredit. Alasannya lebih ringan pembayarannya.

"Kebetulan saya kerjasama juga dengan leasing," kata Andreas.

Ia menjelaskan, salah satu syarat pembelian motor RX King secara kredit adalah memiliki kendaraan yang usianya lebih muda. Pihaknya akan membantu proses pengajuan peminjaman uang dengan jaminan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dari motor tersebut.

Baca juga : Kenapa RX King Disebut Motor Jambret?

Setelah uang dicairkan dari leasing, maka uang tersebut dialokasikan untuk pembelian motor RX King. Selanjutnya, pembeli motor tersebut akan mencicil angsuran ke pihak leasing dengan besaran cicilan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Jadi nanti urusan cicilannya dengan leasing, bukan ke saya lagi," kata Andreas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com