Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Toyota Hilangkan "Konde" di Rush Terbaru

Kompas.com - 23/11/2017, 12:52 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Generasi terbaru Toyota Rush banyak yang berbeda dibanding model sebelumnya. Selain tampilan depan, bagian belakang kini tidak terdapat tempat penyimpanan ban cadangan alias konde.

Ban serep berada di bagian bawah jok baris ketiga atau sama seperti model Toyota lainnya. Alsan utama, karena mengikuti tren dunia dan juga permintaah dari konsumen di Tanah Air.

"Tren SUV atau crossover di dunia itu tidak menggunakan ban cadang di belakang. Oleh sebab itu kita hilangkan di Rush terbaru ini," ujar Rush Chief Engineer Eiji Fujibayashi di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Baca juga: Ini Dia Generasi Terbaru Toyota Rush

Di tempat sama, KompasOtomotif berbincang dengan , Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM). Menurut dia, berdasarkan hasil survei rata-rata tidak suka dengan penempatan ban cadangan di belakang.

Toyota Rush Generasi Terbaru tanpa kondeAditya Maulana - KompasOtomotif Toyota Rush Generasi Terbaru tanpa konde

"Jadi kami mengikuti keinginan konsumen. Tetapi ada juga yang tetap ingin di belakang. Unsur safety-nya juga ada, jadi kita putuskan seperti itu," ujar pria yang akrab disapa Soerjo.

Unsur safety yang dimaksud Soerjo, yaitu pengemudi bisa lebih aman ketika parkir karena tidak membutuhkan ruang lebih besar. Sistem buka tutup pintu bagasi belakang juga berbeda, kini tidak ke atas lagi melainkan ke samping seperti model pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com