Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Efisiensi BBM Nissan Note e-Power, Tembus 37,2 Km/Liter

Kompas.com - 28/10/2017, 15:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Cara kerja mesin bensin yang tidak biasa pada Nissan Note e-Power menawarkan efisiensi bahan bakar optimal. Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) mengungkap angka efisiensi terbaik pada Note e-Power adalah 37,2 Km/liter (kpl) menggunakan pengetesan standar Jepang JC08 dalam kasus perjalanan dalam kota.

Angka itu didapat untuk varian Note e-Power varian terendah, S. Sedangkan varian menengah X dan tertinggi Medalist, efisiensinya 34 kpl. 

Klaim efisiensi bahan bakar pada Note e-Power.Febri Ardani/KompasOtomotif Klaim efisiensi bahan bakar pada Note e-Power.

“Sebenarnya yang membedakan angka efisiensi itu adalah berat. Medalist membawa komponen yang berbeda dengan varian di bawahnya,” kata Anton Khristanto, Manager R&D Nissan Motor Indonesia (NMI), di Karawang, Jawa Barat, Senin (23/10/017).

Baca:Nissan Note e-Power Bisa Teguk Premium

Mesin bensin yang digunakan Note e-Power adalah HR12DE 1.2L. Beda dari mobil pada umumnya, tenaga dari mesin itu tidak menggerakan roda sebab fungsi utamanya menghasilkan energi listrik via inverter yang disimpan ke baterai.

Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).

Lantas energi dari baterai itu digunakan motor listrik untuk menggerakan kedua roda depan. Ketimbang hibrida, cara kerja Note e-Power lebih mirip mobil listrik dengan range extender.

Anton menjelaskan selama dikendarai mesin bensin yang diibaratkan generator akan mati-menyala otomatis tergantung kebutuhan. Ketika menyala, mesin hanya bekerja di kisaran 2.000 – 4.500 rpm. Pengemudi hanya bisa berkendara menggunakan mode listrik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com