Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Toyo Motor Show 2017, Jepang

Honda Clarity Bisa Jadi Genset Rumah

Kompas.com - 25/10/2017, 13:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Honda Clarity Fuel Cell (hidrogen) selain ramah lingkungan, bisa juga digunakan sebagai genset untuk menghidupkan aliran listrik. Bahkan, yang lebih unik dapat menyalakan alat atau mesin pembuat kopi.

Sedan berkapasitas lima orang penumpang ini memiliki motor listrik bertenaga 130 kW (177 PS) yang menghasilkan torsi 300 Nm. Tangki hidrogen berkapasitas 141 liter apabila terisi penuh maka membuat perjalanan dapat ditempuh sejauh sekitar 750 km.

Bahkan, Honda juga menjual optional Power Exporter 9000 yang berfungsi mengubah Clarity menjadi sumber tenaga (generator) dengan empat roda. Alhasil, mobil dapat menyuplai listrik rumah tangga selama sepekan.

Semua perlengkapan berteknologi tinggi yang dibawa ke sedan itu menjadikan berat Clarity hanya mencapai 1.890 kg saja.

Baca juga: Tatap Langsung Mobil Hidrogen Honda di Jepang

"Jadi mobil ini bisa digunakan untuk berbagai hal, yang kita coba sekarang ini untuk menyalakan mesin pembuat kopi," ucap Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Tokyo, Jepang, Selasa (24/10/2017).

Honda Clarity Fuel CellAditya Maulana - KompasOtomotif Honda Clarity Fuel Cell

Selain itu, model ini juga dibekali beberapa mode pengendaraan yang terdiri dari Normal, Econ, dan Sport. Mode keempat, yaitu HV mode disediakan untuk menjaga status baterai dan dapat dipilih bersamaan dengan mode Normal, Econ dan Sport.

Clarity hibdrogen ini diharapkan dapat mencetak volume penjualan tertinggi sepanjang sejarah Honda, dan dipasarkan dalam dua varian, yaitu standar dan touring.

Seri Honda Clarity menjadi yang terdepan dalam visi ”Honda Electrification Initiative” dengan tujuan menguasai duapertiga pasar global dengan produk mobil elektrik pada tahun 2030.

"Untuk Indonesia belum, karena masih banyak yang harus disiapkan, termasuk infrastruktur dan lain sebagainya," ucap Jonfis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com