Motor Hidrogen LIPI Berbasis Honda Beat - Kompas.com

Motor Hidrogen LIPI Berbasis Honda Beat

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 11/10/2017, 16:42 WIB
Konten video yang diunggah akun Twitter @Lipiindonesia tentang teknologi skuter hidrogen.@Lipiindonesia/Twitter Konten video yang diunggah akun Twitter @Lipiindonesia tentang teknologi skuter hidrogen.

Jakarta, KompasOtomotif – Skuter berbahan bakar hidrogen yang sudah dibuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dirancang menggunakan dari basis Honda Beat. Mesin konvensional yang berbahan bakar bensin sudah dimodifikasi hingga bisa menghirup hidrogen.

Cara kerja skuter hidrogen itu menurut koordinator kegiatan unggulan bidang energy LIPI Agus Sukarto bukan berbasis fuel-cell yang menghasilkan listrik. Hidrogen digunakan sebagai pengganti bahan bakar bensin.

“Hidrogen gas langsung dimasukan ke mesin. Hidrogen itu terbuat dari alga yang memakan zat-zat tertentu hingga menghasilkan gas. Hidrogen ditampung di canister. Gas hidrogen itu dimasukan ke pembakaran lewat konverter,” ucap Agus, Selasa (10/11/2017).

Konten video yang diunggah akun @lipiindonesia ke Twitter tentang skuter hidrogen buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).@lipiindonesia/Twitter Konten video yang diunggah akun @lipiindonesia ke Twitter tentang skuter hidrogen buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menurut Agus sebenarnya motor apa saja sanggup diubah bisa meneguk hidrogen. Honda Beat yang dipilih biar dekat dengan masyarakat selain itu juga sederhana pengerjaannya.

Baca: Skuter Hidrogen Karya Indonesia Siap Dipamerkan

“Keunggulannya pertama efisiensi lumayan tinggi, hidrogen juga ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan karbon, atau sulfur. Bahan bakar itu bisa diproduksi, kalau bensin kan fosil,” ucap Agus. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM