Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
LAPORAN LANGSUNG DARI JEPANG

Honda Indonesia Sudah Tutup Pintu buat Freed

Kompas.com - 24/10/2017, 13:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak 2015 sudah tidak menjual Freed di Indonesia. Salah satu alasan, karena masyarakat kurang begitu suka dengan konsep desain mobil kotak seperti Freed.

Meskipun di Jepang sudah keluar generasi terbaru, namun sampai sekarang masih belum punya rencana untuk dijual lagi di Tanah Air. Padahal, desain teranyarnya jauh lebih bagus ketimbang model sebelumnya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy menjelaskan, peluang MPV dengan konsep pintu geser itu untuk dijual lagi sangat kecil. Permintaan juga tidak begitu banyak, karena mulai beralih ke model Honda yang lainnya seperti Mobilio RS, BR-V, dan HR-V.

“Masih belum ada rencana sampai sekarang ini, kemungkinan juga tidak akan dibawa lagi,” ujar Jonfis saat berbincang dengan KompasOtomotif di kawasan Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa (24/10/2017).

Baca juga: Honda Freed Terbaru Mulai Dijual, Harganya?

Bila dijual lagi, lanjut Jonfis dari segi penempatan harga juga akan bentrok dengan BR-V dan HR-V. Konsumen sudah pasti memilih kedua model itu karena mampu mengakomodir kebutuhan lebih banyak ketimbang Freed.

“Peralihan itu sudah terjadi sejak Freed masih dijual di Indonesia. Sekarang kami fokus menjual di segmen itu saja,” ucap Jonfis.

Freed generasi kedua yang sudah dijual di Jepang punya dua varian, yakni dengan tiga baris kursi (6 atau tujuh penumpang), lalu ada Freed+ dengan dua baris kursi, di mana baris paling belakang untuk mengakomodasi penumpang dengan kebutuhan khusus.

Keunggulan generasi kedua ini adalah fleksibilitas kabin yang bisa disesuaikan hingga 16 jenis posisi. Bangku bisa dilipat-lipat, diselonjorkan (baris 1 dan 2) untuk tiduran, atau ditutup rata dengan lantai untuk aneka penggunaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com