Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez dan Pedrosa Antarkan Siswa SMA Bikin SIM

Kompas.com - 19/10/2017, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dua pebalap MotoGP Respol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, hadir meramaikan acara kelulusan Michelin Safety Academy (MSA) 2017. Perayaan ini diikuti oleh perwakilan dari 400 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang telah ikut program edukasi berkendara aman dan lulus ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C.

Michelin Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Federasi Otomotif Internasional (FIA), yang diwakili Ikatan Motor Indonesia (IMI), membekali para siswa dan siswi SMA yang cukup umur mendapatkan SIM dengan pengetahuan dan keterampilan berkendara aman. Tujuannya untuk membuat pengendara bertanggung jawab.

Kehadiran Marquez dan Pedrosa juga sekaligus mengkampanyekan berkendara aman melalui 10 Golden Rules hasil kemitraan FIA dan Michelin, yakni Memakai Sabuk Pengaman, Mematuhi Peraturan Lalu Lintas, Mematuhi Batas Kecepatan, Memeriksa Ban, Memperhatikan Kebugaran, Melindungi Anak-anak di Belakang Saya, Selalu Siaga Saat Mengemudi, Berhenti Saat Merasa Lelah, Memakai Helm Saat Bermotor/Bersepeda, dan Berperilaku Santun di Jalan.

Di tahun yang keempat, peserta Michelin Safety Academy berasal dari 10 SMA di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Cilegon. Materi edukasi dan pelatihan dibawakan oleh instruktur dari IMI dengan bantuan tenaga ahli sebelum akhirnya mengikuti ujian tes SIM A dan C pada 14 Oktober 2017 lalu.

Baca : Marquez Ingatkan Bikers Untuk Pakai Helm

“Para instruktur Michelin Safety Academy telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membantu murid untuk lebih memahami pentingnya berkendara aman. Kehadiran Marc Marquez dan Dani Pedrosa diharapkan dapat menginspirasi para murid agar menjadi pengendara bertanggung jawab yang selalu waspada dan mengutamakan keselamatan,” ujar Frederick “Fritz” Mueller III, Presiden Direktur Michelin Indonesia, dalam siaran resminya, Selasa (17/10/2017).

Sebagai duta FIA, Marc Marquez mengkampanyekan kesadaran berkendara aman salah satunya dengan selalu menggunakan helm saat mengendarai motor. Bersama rekan satu timnya, Marquez menandatangi deklarasi 10 Golden Rules sebagai tanda dukungannya bagi para pengendara pemula di Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa haris di acara ini yang sangat memperhatikan masalah keamanan berkendara di jalan. Ketika balap di arena, kami melihat ada banyak fans yang datang mendukung kami. Tentunya sebagian dari mereka membawa kendaraan sendiri, itulah sebabnya kami ingin agar mereka tetap selalu dapat datang ke arena untuk mendukung kami dengan senantiasa berkendara secara aman," ucap Baby Alien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com