Ledakan Mengerikan dari “Inflator Airbag” Takata (Video) - Kompas.com

Ledakan Mengerikan dari “Inflator Airbag” Takata (Video)

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 15/09/2017, 17:37 WIB
Ilustrasi kantong udara mengembang.aieg.com Ilustrasi kantong udara mengembang.

Jakarta, KompasOtomotif – Penarikan kembali unit mobil (recall) untuk diperbaiki secara massal karena cacat airbag Takata, menjadi tragedi keselamatan otomotif terbesar sepanjang sejarah. Jika ditotal seluruh dunia, mobil yang terkena infeksi Takata mencapai 100 juta unit.

Ini paling tidak, baik Anda atau seseorang yang dikenal, punya kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan inflator airbag Takata.  Di dalam video berdurasi 51 detik milik lembaga keselamatan berkendara Amerika (National  Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) yang dikutip dari Jalopnik, Jumat (15/9/2017) memperlihatkan kengerian ledakan inflator Takata.

Di sesi 25 detik awal video, NHTSA merekam inflator airbag normal atau tanpa ledakan, yang sedari awal tak memperlihatkan kemunculan api dan tidak berbahaya. Sementara pada bagian kedua, inflator airbag Takata yang tampak menyeramkan sejak pertama kali meletus.

Baca juga : Toyota Indonesia Lanjutkan “Recall Inflator” Takata

Percikan-percikan api tampak jelas terlihat, dan diakhiri oleh ledakan besar, di mana ini disebut melontarkan banyak partikel logam, dan jadi indikasi penyebab korban luka sampai meninggal dunia. Mengerikan.

Melalui video ini, mungkin saja berguna untuk menyadarkan pada pemilik mobil yang terkena recall, untuk segera menyerahkannya ke diler resmi. Perbaikan masal masih terus dilakukan, dan diperkirakan sampai penghujung 2019.

Secara resmi, ada 11 kematian yang dikonfirmasi terkait dengan kantong udara Takata. Di Indonesia, sudah ada tiga merek yang mengonfirmasi soal recall, seperti Honda, Toyota dan Nissan. 

 

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM