Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Lanjutkan "Recall Inflator" Takata

Kompas.com - 06/09/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melanjutkan program special service campaign terhadap beberapa modelnya. Program penarikan alias recall ini dibuat sebagai bentuk tanggung jawab Toyota terhadap masalah inflator airbag Takata.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan, kampanye kali ini dibuat lebih atraktif dengan mengajak konsumen melakukan pengecekan langsung kendaraannya melalui website (www.toyota.astra.co.id) resmi TAM.

"Jadi awareness-nya kita tingkatkan. Kita buat informasi dari website, konsumen cukup masukkan data mobil berupa nomor rangka kendaraan lalu informasinya keluar, apakah terlibat atau tidak dalam program spesial service campaign," kata Soerjopranoto saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (5/9/2017).

Melalui kampanye lanjutan saat ini diharapakan proses pergantian inflator Takata terhadap mobil Toyota yang ada di Indonesia bisa 100 persen selesai hingga akhir tahun ini. Sedangkan ketika ditanya mengenai jumlah yang sudah melakukan perbaikan, Soerjopranoto mengatakan masih sangat sedikit.

Baca : AC Bermasalah, Suzuki "Recall" Karimun Estilo

"Sampai saat ini masih kecil, sekitar tiga persen. Total itu kalau tidak salah ada 90.000-an, sejak informasi dari yang kemarin itu kita baru tangkap 2.000-an, jadi yang sekitar tiga persen yang baru. Tapi dengan kampanye ini kami harap bisa lebih maksimal," ucap Soerjopranoto.

Toyota Special Service Campaign Toyota Special Service Campaign

Untuk jenis mobil yang kena ternyata beragam. Mulai dari Toyota Corolla lansiran 2001 hingga 2012, Alphard 2010-2012, Camry 2002-2004, NAV1 2012, Vios 2006-2012, dan Yaris 2006-2012. Namun tidak semuanya terkena dampak, karena itu untuk mengetahui lebih dalam bisa langsung mengecek di website resmi Toyota.

Seperti diketahui, inflator Takata bermasalah akibat meledak dengan kekuatan yang berlebih. Hal ini berpotensi terlontarnya serpihan logam yang berbahaya saat airbag mengembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com