Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2017, 14:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber motorcycle

Aragon, KompasOtomotifTriumph memberikan update pengembangan mesin Moto2. Pabrikan asal Inggris itu untuk pertama kalinya menunjukkan motor prototipe yang sedang diuji di Sirkuit Aragon, Spanyol, (10/9/2017).

Triumph ditunjuk untuk menggantikan Honda sebagai satu-satunya pemasok mesin balap Moto2 mulai 2019. Mesin itu dikembangkan dari milik Street Triple RS, 765 cc 3-silinder segaris. Buat tes ini, mesin dipasangkan dengan sasis balap Daytona 675.

Baca: Mesin Triumph di Moto2, Ancam Ujung Ekor MotoGP

Penunggangnya adalah juara dunia balap kelas 125 cc juga mantan runner up Moto2 Julian Simon. Dia diminta mengitari sirkuit puluhan lap untuk diambil data-datanya, fokus pada performa motor dan ketahanan dalam lingkup balapan.

Meski berbasis motor produksi, namun Triumph memodifikasi sejumlah titik, termasuk diantaranya adalah kepala silinder, katup titanium, dan per katup yang lebih kaku. Slipper clutch disetel ulang, dan menambah nafas pada gigi satu. ECU pakai punya Magneti Magelli.

Julian Simon dipercaya menggeber prototipe Triumph untuk Moto2.moto2 Julian Simon dipercaya menggeber prototipe Triumph untuk Moto2.
Jika melihat data versi produksi, mesin itu sanggup memuntahkan tenaga hingga 121 tk @11.700 rpm, torsi puncak 77,28 Nm @10.800 rpm. Versi balap dipastikan jauh lebih dahsyat mulai dari tenaga, torsi, juga putaran mesin.

Baca: Raungan Mesin Tiga Silinder Triumph untuk Moto2

Triumph menyatakan bahwa pengembangan berjalan mulus, dan Simon mampu memberikan data yang konsisten dengan catatan waktu yang kompetitif. Jadwal balapan pertama untuk uji coba, Triumph akan mengeluarkannya pada Juni 2018.

”Sampai sejauh ini, kami ada di tempatnya. Kami senang mendapatkan pace yang baik dan umpan balik Julian sangat positif. Kami percaya diri memberi mesin yang dinikmati setiap tim, dan suara yang akan mencengangkan fans,” ucap Steve Sargent, Chief Product Officer Triumph, (10/9/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber motorcycle


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com