Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Bayi Baru Motor Petualang

Kompas.com - 06/08/2017, 20:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Beijing, KompasOtomotif – Apakah gambar di atas ini yang akan menjadi motor petualang baru dari Honda? Sosok tersebut sudah dipatenkan perusahaan patungan Wuyang-Honda di China, lalu dihubung-hubungkan dengan trah baru motor adventure yang lebih kecil.

Informasi yang tersedia saa ini, basis motor dari gambar paten tersebut punya darah CB190R, sepeda motor yang khusus diproduksi untuk pasar China. Keyakinan gambar tersebut sebagai model adventure adalah ground clearance yang tinggi.

Kalau memang menggunakan mesin CB190R, tenaganya akan sampai 15,8 tk, berasal dari mesin 184 cc silinder tunggal berpendingin udara. Bisa jadi, Honda menyediakan tampang petualang meski mesin masih cukup untuk penggunaan dalam kota, maksimal touring luar kota.

Tapi yang aneh, Honda sudah punya sepeda motor dengan gaya adventure yang menggunakan basis mesin yang sama, yakni CB190X Fight Hawk. Motor ini dirilis November tahun lalu di China, meski antara model ini dan gabar paten cukup berbeda.

Perbedaan lain, knalpot didesain lebih tinggi. Artinya, ground clearance akan lebih tinggi untuk mengurangi dampak ketika terjadi benturan dengan jalanan. Garpu depan model biasa, bukan upside down, dan mendapat pahatan bodi yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com