Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Siapkan Motor Adventure 850 cc

Kompas.com - 07/03/2017, 16:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Berbagai media di Eropa melaporkan rencana Yamaha untuk melahirkan generasi baru sepeda motor petualang (adventure). Kali ini, merek Garpu Tala menitikberatkan pada kemampuan off-road, menggunakan mesin 3-silinder 850 cc.

Kalau dilihat dari nomenclature (kebiasaan penamaan), jika sepeda motor ini benar akan lahir, bisa jadi akan masuk keluarga Super Tenere, yakni Yamaha XT900.

Semburan tenaga dipinjamkan dari roadster telanjang Yamaha MT09, yang menggendong mesin 847 cc pendingin cairan, DOHC injeksi. Mesin dipasangkan dengan girboks bertransmisi 6-percepatan, menyemburkan tenaga sampai 115 PS @10.000 rpm dan torsi puncak 87,5 Nm @8.500 rpm.

Mesin ini juga sudah digunakan pada Yamaha Tracer 900 yang dipasarkan sebagai tourer. Bisa jadi, XT900 Super Tenere akan berbagi sasis dengan Tracer, menggunakan rangka aluminium ringan dan berukuran kecil.

Sepeda motor ini juga dilengkapi fitur lain seperti assist and slipper clutch untuk kenyamanan pindah gigi, tangki bahan bakar yang besar, dan kemungkinan pemasangan LED.

Jika meluncur, sepeda motor semi off road Yamaha ini akan langsung dihadang oleh pesaing, yakni Triumph Tiger  dan BMW GS series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com