Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2017, 07:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) siap meluncurkan Voxy pada 10 Agustus 2017 mendatang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Tangerang. Lantas apa saja modal yang dibawa Voxy untuk menggantikan NAV1 dalam mengaet konsumen menengah ke atas di Indonesia.

Meski tidak ada penjelasan langsung dari pihak Toyota, namun sebelum diputuskan meluncur ternyata TAM sudah melakukan survei market terlebih dahulu.

"Kita sudah pelajari konsumen ini maunya yang apa. Apakah mobil seperti NAV1 Noah atau Voxy, dari situ kita dapat jawaban ternyata memang konsumen maunya Voxy," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, kepada media di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Baca : Toyota Voxy Tangkap Konsumen di Bawah Alphard

Berangkat dari hal tersebut TAM pede untuk meluncurkan Voxy. Untuk membahas sedikit lebih dalam, KompasOtomotif mencoba membandingkan Voxy dengan NAV1 dari sisi desain dan kabin.

Desain

Penampakan eksterior Toyota Voxy, MPV terbaru dari ToyotaOtomania Penampakan eksterior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Bicara soal tampang, harus diakui Voxy memiliki modal lebih dibandingkan NAV1. Dari beberapa foto yang sempat ditangkap awak redaksi, tampilan depan dari MPV boxy ini terlihat futuristik dan modern, belum lagi ditambah dengan nuansa agresif dari air lips, kisi-kisi kecil pada bumper depan, sampai model aero kit samping yang dipadukan dengan pelek dua warna.

Penampakan eksterior Toyota Voxy, MPV terbaru dari ToyotaOtomania Penampakan eksterior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Kemewahan MPV yang bermain di segmen menengah diperlihatkan melalui aplikasi lampu LED lengkap bersama daytime running lihgt (DRL) yang diletakan sejajar dengan kap mesin. Sementara bagian belakang, terdapat LED pada stop lamp serta garnis berlapis krom yang membentang tepat di bawah kaca.

Dimensi dan Kabin

Selain penampakan, dari dimensi Voxy ternyata lebih unggul dibanding NAV1. Melihat dari data spesifikasi di Jepang, Voxy memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.625 mm, serta sumbu roda 2.850 mm. Sedangkan NAV1 untuk panjang hanya 4.600 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.850 mm, dan sumbu roda 2.825 mm.

Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari ToyotaOtomania Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Berdasarkan data tersebut sudah ketebak bila Voxy memiliki dimensi kabin yang lebih lapang. Bahkan dilihat dari foto, secara layout juga lebih mewah dan modern dibandingkan NAV1, apalagi dengan kehadiran moonroof.

Dasbor dirancang dengan paduan dua warna hitam dan burgundy berserta konsep multi layer. Tuas transmisi berada di tengah bersampingan dengan tombol panel pengaturan suhu udara.

Kesan ergonomi untuk memberikan kemudahan pengendara ditampilkan dari ragam tombol fungsi di kemudi, seperti cruise control, menu, dan pengaturan audio. Sedangkan bagian kanan kemudi ragam tombol pengaturan, seperti engine star stop, power sliding door kiri dan kanan, sampai alarm parkir.

Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari ToyotaOtomania Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Tepat di atas tuas transmisi, terdapat monitor layar sentuh yang menjadi sumber hiburan dengan beragam fungsi. Sedangkan di atasnya lagi terdapat layar kecil untuk memberikan informasi seputar kondisi kendaraan.

Baris Kedua

Sajian captain seat juga menjadi pemandangan utama pada baris kedua dengan ragam pengaturan yang bisa disesuaikan. Penumpang akan dimanja dengan kemewahan premium berkat panoramic roof, serta kemudahan menyesuaikan kesejukkan kabin hingga baris ketiga melalui pengaturan tombol yang ada di bagian langit-langit.

Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Kursi baris ketiga juga terlihat nyaman, apalagi dengan pengaturan jok yang fleksibel pada baris kedua. Saat membawa banyak barang bawaan, jok belakang bisa dilipat dengan mudah agar tercipta ruang yang lebih memadai.

Bila disimak ternyata Voxy lebih banyak keunggulan dibandingkan NAV1. Tidak heran bila Product General Manager CBU & Commercial TAM Bansar Maduma, beberapa waktu lalu mengatkan Voxy akan menawarkan kenyamanan, baik untuk kendaraan saat pergi bersama keluarga atau ketika berbisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com