Jelang Mudik, Otomania Tebar Virus Keselamatan Bersama Komunitas - Kompas.com

Jelang Mudik, Otomania Tebar Virus Keselamatan Bersama Komunitas

Stanly Ravel
Kompas.com - 19/06/2017, 15:12 WIB
Stanly/KompasOtomotif Kumpul Komunitas Otomania

Jakarta, KompasOtomotif - Agenda rutin Kumpul Komunitas Otomania (KKO) kembali digelar bersama NTMC dan Korlantas Polri serta didukung Yayasan Astra Honda Motor (YAHM). Sekitar 20 orang lebih perwakilan komunitas sepeda motor ikut meramaikan acara yang helat di Pong Me 2.0 Fun Bar, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2017).

Bertepatan dengan momen mudik Lebaran, tema kali ini lebih menitik beratkan pada keselamatan berkendaran di jalan raya, khususnya bagi pengendara motor. Pembahasan ini sesuai dengan program GATEL (Gerakan Tertib Berlalu Lintas) milik Otomania dan kampanye #Cari_Aman dari Astra Honda Motor yang menghimbau para pengguna kendaraan untuk tertib dan berkendara aman di jalan raya.

"Bicara masalah safety riding, YAHM sangat intens dengan hal ini sejak lama. Sebagai produsen sepeda motor, kami punya tugas untuk memberikan edukasi, karena itu keselamatan menjadi pilar utama kami. Dengan kesamaan visi, bersama Otomania kami YAHM mencoba untuk mensosialisasikan kampanye #Cari_Aman bagi semua pengguna jalan raya," ucap Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin, Sabtu (17/6/2017).

Baca : Otomania Makin GATEL Tekan Angka Kecelakaan

Menurut Muhib, angka kecelakaan lalu lintas tiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Karena itu, kampanye serta edukasi perlu lebih gencar untuk dilakukan disemua lapisan masyarakat, bahkan YAHM sudah sukses mamasukan materi safety riding menjadi salah satu kurikulum di beberapa sekolah di Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalulintas (Kanit Dikyasa) Polda Metro Jaya AKP. Enny Setyowaty. Menurutnya, motor sampai saat ini masih menjadi kontributor terbesar penyumbang kecelakaan lalu lintas.

Stanly/KompasOtomotif Kumpul Komunitas Otomania

"Motor masih utama, faktor utamanya disebabkan oleh pelanggaran lalu lintas, serta masalah prilaku saat berkendara di jalan raya. Hal ini memang harus dilakukan bersama, tidak bisa hanya dari pihak kepolisian, peran masyarkat sangat berpengaruh untuk mengubah kebiasaan buruk yang berujung pada fatalitas," ujar Enny di kesempatan yang sama.

Selain masalah keselamatan, isu-isu yang saat ini sedang hangat juga menjadi perbincangan menarik pada komunitas saat berinteraksi dengan nara sumber. Mulai dari masalah modifikasi, sampai fenomena gengster motor yang meresahkan pengguna jalan raya.

KKO akan diselenggarakan setiap bulan dengan pilihan tema yang menarik seputar masalah keselamatan lalu lintas. Para komuniatas bukan hanya bisa mendapat edukasi, tapi juga memiliki kesempatan berinteraksi dengan pemangku kepentingan yang menjadi nara sumber di KKO.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar