Honda Wahana Kuasai Pasar 72 Persen - Kompas.com

Honda Wahana Kuasai Pasar 72 Persen

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 17/06/2017, 13:02 WIB
Wahana Main diler sepeda motor Honda, Wahana.

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu main diler terbesar sepeda motor Honda yang memegang wilayah Jakarta-Tangerang, Wahana Artha Group (WAG) mencapai usia bisnis 45 tahun, Agustus 2017 nanti. Tahun ini juga jadi pembuktian kerja keras Wahana, di mana masih eksis, mampu bertahan, serta berkembang.

Bahkan bukan hanya di segmen otomotif, WAG juga mengembangkan bisnisnya di sektor lain, walaupun industri sepeda motor masih jadi prioritas.

“Kepercayaan konsumen terhadap Honda dari tahun ke tahun konsisten meningkat. Terbukti pangsa pasar Honda di wilayah kami (Jakarta-Tangerang) periode Mei 2017 sekitar 72 persen, jauh mengungguli pesaing. Indeks kepuasan pelanggan juga kami pastikan selalu terjaga dengan baik,” ujar Edi Setiawan, Chief Marketing Officer Wahana dalam siaran resminya, Jumat (16/6/2017).

Edi menambahkan, jualan sepeda motor Wahana Januari–Mei 2017 mencapai 155.004 unit. Segmen matik masih jadi kontributor penjualan terbesar dengan 136.681 unit, kemudian sport menduduki posisi kedua, 9.947 unit.

“Pasar sepeda motor Honda telah berubah sesuai dengan pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product). Kali ini, tipe sport lebih dipilih pengguna sepeda motor dibanding segmen bebek,” tutur Edi.

Ario, Head of Marketing Wahana menurutkan, sampai saat ini Wahana didukung oleh 119 diler dan 347 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), yang tersebar di wilayah Jakarta dan Tangerang. Wahana mencatat, dari Januari hingga Mei 2017 ada sebanyak 1.671.109 unit motor Honda, yang menggunakan layanan AHASS.

WAG fokus di otomotif roda dua sejak tahun 1972 sebagai diler utama sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, melalui PT. Wahana Makmur Sejati (WMS).  Terus memperluas lini bisnis, tapi masih berfokus kepada bisnis otomotif roda dua, WAG melahirkan juga PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI), bisnis ritel sepeda motor Honda di Medan sampai dengan Kupang.

Lalu PT. Tristar Transindo (TST) perusahaan transportasi logistik (pengangkut motor, mobil dan consumer goods),  PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) yang bergerak di bisnis customer loyalty program, serta PT WOM Finance Tbk  di sektor consumer finance.  Selain usaha otomotif, bidang usaha lain yang dijalankan melalui sub holding Sahari Investment, yaitu menekuni bisnis perhotelan, dan Food&Beverage

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM