Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Kejar Status Pengekspor

Kompas.com - 13/11/2016, 10:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Astra Honda Motor (AHM) masih punya performa ekspor yang belum cukup besar. Angkanya cukup jomplang jika dibandingkan dengan penjualan domestiknya. Padahal, Honda memiliki peluang untuk menggenjot penetrasi pasarnya ke luar wilayah Indonesia.

Melihat data Distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) perioide Januari-September 2016, Honda berhasil mengekspor 42.624 unit, atau menyumbang 20,14 persen. Sementara pesaing terdekatnya Yamaha, berjumlah 126.486 unit, dengan kontribusi 59,77 persen.

Markus Budiman Widihandojo, Director of HR, GA, and IT AHM mengatakan, kalau kesempatan Honda untuk bisa meningkatakn ekspor lumayan terbuka. Salah satunya karena jumlah produksi yang besar.

"Ekspor tentu kami akan coba terus. Kami sebenarnya memiliki keunggulan, terkait produksi yang besar.  Ini akan memberikan keuntungan karena akan bisa memproduksi itu dengan posisi cukup bersaing (harga). Kami semangat bisa makin banyak produk yang dihasilkan," ujar Markus, Jumat (11/11/2016) di Bogor.

"Jadi harapannya, negara lain bisa berpikir, daripada membuat sepeda motor sendiri, lebih baik beli dari Indonesia," ucap Markus. Bukan tidak mungkin, jika ekspor Honda bisa melebihi Yamaha, maka posisi Honda di Indonesia akan semakin sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com