Menikmati Kabin BMW Seri 5 Terbaru di Tokyo - Kompas.com

Menikmati Kabin BMW Seri 5 Terbaru di Tokyo

Stanly Ravel
Kompas.com - 29/05/2017, 13:02 WIB
Stanly/KompasOtomotif Sensasi berkendara All New BMW Seri 5 di Jepang

Tokyo, KompasOtomotif - Selain memiliki desain baru, all new BMW Seri 5 juga menawarkan sensasi baru pada ruang kabinnya. Sesuai dengan konsep awal, bila di sektor eksterior lebih mengutamakan kesan sporty, maka di dalam kabin tema elegan lebih mendominasi.

Pertama kali membuka pintu, kesan mewah sudah terpancar dari ornamen kayu pada dasbor yang berkolaborasi dengan kulit sintetis serta ragam fitur menarik. Jok pengendara dan penumpang juga tidak luput dari lapisan leather Dakota yang menegaskan sedan elegan.

Baca : Sensasi Manuver Cantik "All New" BMW Seri 5

Tata ruang kokpit dirancang mengedepankan driver oriented. Semua fitur dituangkan dalam jangkauan tangan pengendara. Pada lingkar kemudi, semua tombol pengaturan sudah bisa diakses dengan mudah, mulai dari audio, fitur Active Cruise Control (ACC), dan Active Cruising Steering (ACS).

Stanly/KompasOtomotif Kabin BMW Seri 5 kaya dengan akses elegan.

Konsol tengah, sebelah kiri pengendara, terdapat ragam perangkat pengendalian. Mulai dari tuas transmisi sampai pilihan mode berkendara.

Pengendara dimudahkan untuk mendapat informasi seputar status kendaraan dari panel instrumen yang serba digital, hal ini tidak luput dari fitur head-up display yang memberikan pancaran 70 persen lebih besar guna menampilkan marka jalan, anjuran navigasi, dan pesan singkat dari sistem asistensi berkendara.

Generasi ketujuh Seri 5 juga sudah dibekali iDrive terbaru yang diklaim lebih atraktif dalam memberikan informasi. Pada model tertinggi, iDrive sudah dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi, hiburan, kamera 360, sampai kondisi teknis kendaraan melalui layar sentuh berdimensi 10.25 inci yang dapat diakses melalui controller, perintah suara, layar sentuh, hingga gerakan tangan atau gesture control.

Stanly/KompasOtomotif Dasboar Seri 5 dirancang untuk memanjakan pengendara dengan ragam fitur yang mudah di akses.

Bicara soal hiburan, tidak perlu diragukan. Sebagai sedan premium, kualitas audio pun sudah dijamin dengan kehadiran surround sound speaker keluaran Harman Kardon yang meyebar di 16 titik.

Baca : Menyapa Desain All New BMW Seri 5 dari Jepang

Menariknya, untuk model diesel yang KompasOtomotif kendarai lebih dulu sama sekali tidak terdengar bising, baik dari luar maupun saat berkendara di dalamnya. Hal ini ternyata berkat teknologi Special Synergy Thermoacoustic Capsule (SYNTAK), yang ditempatkan pada dinding pemisah antara mesin dan dasbod (firewall) yang dapat mereduksi suara sangat baik.

Statusnya sebagai sedan Eropa yang nyaman juga dibuktikan dengan kelapangan tingkat kabinnya, pihak BMW mengklaim bahwa Seri 5 terbaru memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebar dibandingkan model sebelumnya. Secara keseluruhan dimensi panjang bertambah 37 mm, lebar 8 mm, dan tinggi naik 15 mm.

Stanly/KompasOtomotif Layar informasi BMW Seri 5 lengkap menyajikan navigasi, sampai akses kameran 360.

Pengaturan jok pada baris pertama sudah serba elektrik, pengendara tidak perlu repot mencari posisi dengan cara manual. Menariknya lagi, tingkat kenyamanan sebagai sedan bisnis juga berlaku untuk penumpang baris kedua yang dilengkapi layar sentuh layaknya pada Seri 7, hal ini juga yang membedakan antara generasi baru Seri 5 dari model sebelumnya.

Plus Minus

Meski cukup mewah, namun ada beberapa fitur yang rupanya tidak akan masuk ke Indonesia. Contohnya seperti comfort seat pada penumpang belakang yang sudah dilengkapi dengan heater dan fungsi pijat.

Stanly/KompasOtomotif All New BMW Seri 5 Jepang

Tapi tidak perlu khawatir, karena Seri 5 versi completely knocked down (CKD) yang akan diluncurkan BMW Group Indonesia pada Agustus 2017 mendatang justru akan memiliki fitur yang tidak dimiliki Seri 5 di Jepang. Mulai dari gesture control, head-up display, ambient air package, sampai sunroof electrical.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Terkini Lainnya

Tugas Baru Honda Civic Turbo di Sirkuit

Tugas Baru Honda Civic Turbo di Sirkuit

Sport
Bagaimana Jika Ducati Rasa India-Austria?

Bagaimana Jika Ducati Rasa India-Austria?

News
CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250 Cc

CBR250RR Rajai Pasar Motor Sport 250 Cc

News
Simak Kinerja ”Pedal Pintar” Nissan Leaf

Simak Kinerja ”Pedal Pintar” Nissan Leaf

Teknologi
Pabrik Hyundai Indonesia Produksi Ratusan H-1 Tiap Bulan

Pabrik Hyundai Indonesia Produksi Ratusan H-1 Tiap Bulan

News
Honda Tantang Konsumen 'Big Bike' Jelajah Asia

Honda Tantang Konsumen "Big Bike" Jelajah Asia

News
Empat Resep Daihatsu Bisa Sukses di Segmen MPV

Empat Resep Daihatsu Bisa Sukses di Segmen MPV

News
Jualan Daihatsu di Papua Menjanjikan

Jualan Daihatsu di Papua Menjanjikan

News
Bila Ignis Menjadi Pikap dan Bermain 'Off-Road'

Bila Ignis Menjadi Pikap dan Bermain "Off-Road"

Modifikasi
MPV Murah Mitsubishi Siap Goda Taksi 'Online'

MPV Murah Mitsubishi Siap Goda Taksi "Online"

News
Toyota Manjakan Pengguna Setia Avanza

Toyota Manjakan Pengguna Setia Avanza

News
Beli Aki Kini Bisa Dicicil

Beli Aki Kini Bisa Dicicil

Aksesoris
Suzuki ”Ketiban Durian” di Jakarta Fair 2017

Suzuki ”Ketiban Durian” di Jakarta Fair 2017

News
Daihatsu Akhirnya Buka Gerai di Maluku

Daihatsu Akhirnya Buka Gerai di Maluku

News
Masih Berpetualang, Bukti Terios “Survive” Berjualan

Masih Berpetualang, Bukti Terios “Survive” Berjualan

News
Close Ads X