Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Jepang

Mengintip "Sarang" Distribusi BMW di Jepang

Kompas.com - 26/05/2017, 12:34 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Tingginya penjualan BMW di Jepang tidak lepas dari proses distribusi yang terintegrasi. Setelah berkunjung ke Experience Center BMW Group Tokyo Bay, rombongan media juga langsung bertolak ke BMW Vehicle Distribution Center (VDC) yang ada di provinsi Chiba, Jepang.

VDC menjadi gerbang masuk semua mobil BMW dan Mini, bahkan termasuk Roll Royce. Setelah didatangkan dari Jerman, semua unit akan masuk ke VDC untuk pengecekan ulang sebelum akhirnya dikirim ke seluruh Jepang.

Baca : Berkunjung ke Experience Center BMW Group Tokyo Bay

Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania, mengatakan VDC di Jepang mampu melakukan pengecekan 300 sampai 400 unit mobil yang didatangkan dari Jerman per harinya.

"Dari sini, semua mobil baru akan dilepas ke jaringan diler-diler di Jepang. Pengecekan dilakukan seperti quality control, mulai dari barang turun dari truk, sampai akhirnya kembali ke truk untuk dikirim. Kalau ditotal dari angka per hari, sebulan bisa sampai 8.000-an mobil," ucap Jodie kepada media di Chiba, Jepang, Kamis (25/5/2017).

Stanly/KompasOtomotif Vehicle Distribution Center BMW di Chiba Jepang mampu melakukan pengecekan kendraan 400 unti per hari.

Fasilitas VDC di Jepang cukup besar dan sudah dilengkapi oleh berbagai peralatan modern yang ditunjang sumber tenaga profesional. Tempat ini juga menjadi sarang bagi produk-produk baru yang akan meluncur di pasar Asia.

Untuk alur pegecekan dilakukan cukup ketat. Mobil yang datang dari Jerman setelah melewati importasi akan dikirim ke VDC, serah terima dilakukan lalu dimulai pengecekan fisik dan pencucian mobil yang diteruskan dengan exterior inspection. Para SDM akan memeriksa kondisi luar mobil, mulai dari depan hingga belakang.

Baca : Mobil Sport Termahal BMW Singgah di Jepang

"Semua SDM yang digunakan adalah tenaga ahli. Pengecekan dilakukan sangat detail hampir menyerupai saat mobil keluar dari pabrik," kata Jodie.

Setelah itu para tenaga ahli mengecek defect atau cacat seperti baret pada cat bodi atau lecet di interior. Bila terdapat ada cacat fisik seperti cat yang baret, maka pihak pengiriman baik truk atau kapal akan bertanggung jawab, namun bila mulus maka akan dilanjutkan dengan fungsi fitur kendaraan termasuk mesin dan perangkat mekanik lain dan juga braking check line.

Stanly/KompasOtomotif BMW Vehicle Distribution Center di provinsi Chiba, Jepang.

VDC di Jepang sudah dilengkapi dengan laboratorium untuk mengecek standar emisi kendaraan. Lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan kolong kendaraan, nomor rangka dan vehicle identification number (vin), serta nomor mesin.

Selesai menjalani rangkaian pengecekan, sebelum keluar untuk dikirim atau disimpan, mobil akan di wrapping atau dibungkus untuk melindungi dari baret dan lain sebagainya. Terakhir tinggal proses distribusi ke seluruh diler di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com