Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Sport Termahal BMW Singgah di Jepang

Kompas.com - 24/05/2017, 09:20 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - BMW M1 legendaris yang memiliki status sebagai mobil sport termahal di dunia hasil seniman Andy Warhol, singgah dalam acara BMW Art and Design Week 2017 di Jepang. Mobil ini siap menyapa para penggemar BMW hingga 31 Mei 2017 di Experience Center terbesar di Asia milik BMW Group Tokyo Bay.

Mobil yang pernah digunakan dalam ajang balap Le Mans ini menjadi kendaraan keempat di BMW Art Car Collection. Andy Warhol menjadikan bodi M1 sebagai kanvas untuk menuangkan seni lukisnya tentang kecepatan.

Baca : Menyapa Desain All New BMW Seri 5 dari Jepang

“Ini merupakan salah satu koleksi BMW Group yang paling berharga dan tidak ternilai. BMW telah terlibat di lebih dari 100 kolaborasi budaya di seluruh dunia dalam kurun waktu hampir 50 tahun untuk mempertahankan komitmen  jangka panjang dalam mendukung dunia seni,” ucap Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania di Jepang, Selasa (23/5/2017).

BMW M1 yang menjadi karya seni di atas roda ini digunakan untuk balap pertama dan terakhir kali dalam lomba 24 jam di Le Mans pada 1979. M1 yang dirancang oleh Warhol dengan nomor 76 dan dikendarai oleh pebalap Manfred Winkelhock, Herve Poulain, dan Marcel Mignot ini sukses mengantarkan mereka finis di posisi keenam.

Stanly/KompasOtomotif BMW M1 Andy Warhol

Refleksi lukisan pada seluruh bodi M1 melambangkan sebuah kecepatan. Imajinasi dari kecepatan di lintasan balap dituangkan dengan sempurna yang membuat mobil ini terlihat begitu cepat saat melaju di Le Mans.

"Gambar ini merefleksikan kecepatan. Jika sebuah kendaraan bergerak begitu cepat, seluruh garis dan warna akan nampak menyatu dengan dinding yang ada pada lintasan waktu itu," ujar Jodie. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com