Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Geser Daihatsu Xenia pada April 2017

Kompas.com - 26/05/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  Penjualan segmen low multi purpose vehicle (LMPV) secara wholesales anjlok pada April 2017, mencapai 11,92 persen. Ini merupakan penurunan pertama sepanjang Januari-April 2017 ini.

Terkoreksinya penjualan ini juga disebabkan merosotnya beberapa model, terutama merek-merek besar, seperti Avanza (6,12 persen), Mobilio (17,51 persen), serta penurunan terdalam dirasakan oleh Daihatsu Xenia, mencapai angka 37,55 persen.

Seolah tetap bertahan dan tidak mengikuti kondisi para rival dengan hasil mengecewakan, Suzuki Ertiga justru naik 12,41 persen menjadi 3.180 unit. Menariknya, dari data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pencapaian Ertiga bahkan berhasil melampaui Xenia yang cuma 2.538 unit.

Mengawali pertarungan di 2017, Suzuki menambahkan amunisi baru, menghadirkan varian baru Ertiga Diesel “Hybrid” pada Februari 2017 lalu. Model baru Ertiga ini dipasarkan dengan harga Rp 219,5 juta, MPV ini hanya tersedia dengan transmisi manual lima percepatan.

“Dapat dilihat bahwa hal tersebut terjadi karena penurunan volume low MPV besar di merek tertentu. Suzuki Ertiga market share di LMPV naik dari 15,7 persen (Maret 2017) menjadi 16,6 persen di April. Kondisi kenaikan itu karea adanya Ertiga Diesel Hybrid,” ujar Donny Saputra Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 kepada KompasOtomotif, Kamis (24/5/2017).

Ghulam/KompasOtomotif Wholesales low MPV April 2017. (olahan data Gaikindo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com