Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbahagialah Karyawan Perempuan Nissan

Kompas.com - 04/04/2017, 18:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yokohama, KompasOtomotifNissan Motor Co., Ltd. mendapat predikat merek ”Nadeshiko” oleh Bursa Efek Tokyo berkat upayanya mendukung perempuan di tempat kerja. Bahkan hingga kini, perusahaan berhasil meningkatkan jumlah jajaran manajer perempuan.

Ini adalah pengakuan yang diterima Nissan Motor Company Ltd. selama lima tahun berturut-turut. Pada April 2016, tercatat 9,1 persen karyawan perempuan Nissan Jepang berada di level manajer, naik dari 1,6 persen pada 2004.

Ketika itu, Nissan baru saja membuka Diversity Development Office. Rasio ini diperkirakan akan meningkat menjadi 10 persen pada April 2017.

 ”Nadeshiko” adalah sebutan yang berasal dari bunga yang melambangkan kekuatan dan pemberdayaan perempuan di Jepang. Ini menjadi bagian dari upaya bersama Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang demi meningkatkan lingkungan kerja yang ramah bagi perempuan.

NMI Penghargaan Nadeshiko untuk NIssan karena ramah terhadap karyawan perempuan.
Bursa Efek Tokyo menyebutkan, Nissan mempromosikan partisipasi aktif karyawan perempuan sebagai bagian dari strategi manajemen perusahaan. Upaya ini mencakup lokakarya pengembangan karir, pelatihan pengembangan keterampilan, dan program mentoring bagi karyawan perempuan.

Sebagai pelopor reformasi lingkungan kerja di industri otomotif, Nissan juga membantu karyawan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan di kantor dan di rumah.

Pada 2015, Nissan memulai program ”Happy 8”, mendorong karyawan Nissan di Jepang untuk bekerja delapan jam sehari, bertujuan meningkatkan produktivitas, kesehatan karyawan, dan kualitas waktu di tempat kerja atau di rumah.

5.000 karyawan juga berpartisipasi dalam program Nissan ”Work at Home” pada tahun fiskal 2016 yang dicanangkan untuk karyawan non-pabrik. Jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai 6.000 karyawan pada tahun fiskal 2017.

NMI Banyak keleluasaan karyawan Nissan agar tetap produktif dan kreatif.
Pada Februari, Nissan juga turut serta dalam inisiatif ”Happy Friday” di Jepang, yang mendorong semua karyawan non-pabrik untuk pulang pada pukul 15.000 pda Jumat terakhir setiap bulan.

Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, mengatakan bahwa Nissan Indoensia pun, jumlah karyawan perempuan yang menduduki posisi manajerial semakin banyak, dan saat ini tercatat 11 persen dari posisi manajer ditempati oleh perempuan.

”Selain itu, NMI juga memberikan perhatian akan keseimbangan waktu kerja karyawan di kantor dan di rumah. Sejak 2016, kami memiliki program yang ditujukan bagi karyawan non-pabrik, yaitu ’Flexi Time’ yang menganjurkan karyawan bekerja lebih efektif selama 8 jam. Atau ’Work at Anywhere’, memudahkan karyawan menyeimbangkan kehidupan kantor dengan pribadi, serta ’Casual Day’ yang memperbolehkan karyawan mengenakan baju kasual di kantor,” ucap Hana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com