Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lempar Memori ke Belakang dengan Mobil Era 90-an

Kompas.com - 02/04/2017, 09:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Konsep baru yang dihadirkan penyelenggara Pasar jongkok Otomotif (Parjo) 2017 untuk menggabungkan jual-beli dan gaya hidup, merangsang banyak penampilan unik. Salah satu yang menjadi magnet adalah dipajangnya mobil-mobil lawas, tapi tak terlalu tua.

Ini pula yang menarik minat generasi milenial, terutama buat orang-orang yang lahir antara 1980-an sampai ahir 1990-an. Dalam ajang yang diselenggarakan di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini, ada kontes mobil pada masa-masa tersebut yang diberi tajuk ”Cars of 90’s” .

Melihat deretan mobil yang dipajang di area khusus, suasana memang jauh berbeda dengan konsep pameran mobil kuno. Kesannya memang klasik, tapi masih bisa dinikmati generasi era 1990-an. Bisa jadi, mobil-mobil ini membangkitkan memori masa kecil.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Deretan Mitsubishi Colt T120 dalam Pasar Otomotif Jongkok 2017.

Sebut saja mobil-mobil macam Honda Civic Estilo SR3, Corolla Liftback, VW Split, Nissan Fairlady, dan banyak mobil-mobil lain yang jaya di era 1990-an. Semua mobil dipajang dalam kondisi mulus, dan tentu saja tidak untuk dijual.

”Kebanyakan memang barang koleksi. Kalau pun dijual, harganya sudah pasti nggak masuk akal,” kata salah satu panita pengawasa kontes mobil klasik 1980-an dan 1990-an ini, (1/4/2017).

Kurang lawas? Masih ada mobil-mobil macam Toyota Corona Mark II 82/88, Volvo 964, Volvo 745, sampai Mercedes-Benz NE e240 aAvantgarde. Ada pula di deretan lain mobil-mobil macam Honda Civic LX 1988, Mercedes-benz W124, sampai Honda Civic Wonder 1982.

Tak cuma gathering, di ajang khusus ini juga tetap ada semcam bursa aksesori, serta booth komunitas. Kontes dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk Original, Restorasi, Custom, Rally Look, dan Racing Look.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com