Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Versi R, Mazda2 Tantang Kompetitor Tipe Termewah

Kompas.com - 27/03/2017, 11:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) punya banyak alasan untuk melambungkan harga Mazda2 jauh lebih tinggi. Klaimnya, cukup dengan tipe R saja, sudah bisa diadu dengan merek kompetitor di kelas hatchback segmen-B tipe tertinggi.

[Baca: Mengapa Mazda2 Bisa Tembus Rp 300 juta? ]

KompasOtomotif berusaha menemukan jawabannya via Sales Trainer and Bussiness Development EMI, Ari Tristianto Wibowo. Dijelaskan bahwa tipe R memang jauh mengalami perubahan spesifikasi, menjadi makin canggih dan naik kelas.

”Tipe V dihapus, sekarang hanya ada tipe R, transmisi manual atau otomatis. Disamping itu tipe GT juga makin canggih, cuma ada transmisi otomatis,” kata Ari kepada KompasOtomotif, (24/3/2017).

Pada Mazda2 tipe R, kini lampu utama sudah punya fitur auto on-off. Ini membuat mobil bisa mendeteksi, kapan harus menyalakan lampu utama tanpa pengemudi memutar tombol, atau meminimalisasi faktor lupa pada manusia.

Sama seperti tipe GT, ada perubahan pada desain lampu sein kaca spion. Model baru lebih besar, makin mudah terlihat meski spion makin kecil. Lampu kabut sudah dilengkapi dengan bezel krom dengan cahaya yang berasal dari LED.

Tipe R juga mendapat rain sensor. Wiper pada kaca akan bergerak sendiri menghapus tetesan air hujan dengan kecepatan yang bisa otomatis cepat atau lambat bergantung intensitas air yang turun membasahi kaca.

Perubahan juga ada pada tampilan speedometer yang lebih mudah terbaca. Indikator konsumsi bahan bakar tak lagi menggunakan satuan liter per 100 km, tetapi sudah standar menjadi kilometer pe liter (kpl).

Bagian lain juga sudah berubah, sama seperti tipe GT, mulai dari penggunaan antena sirip hiu, desain setir yang lebih ramping dengan palang yang lurus, serta terdapat penambahan fitur cruise control (pengatur kecepatan otomatis).

Mazda2 Tipe R dijual dengan banderol di kisaram Rp 277-280 jutaan. Kisaran harga ini sudah masuk ke tipe tertinggi Honda Jazz (RS) atau Yaris TRD Sportivo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com