Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Yamaha Kembali Kuasai Segmen Sport

Kompas.com - 24/01/2017, 12:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotifYamaha Indonesia meyakini bakal kembali merebut segmen sepeda motor sport secara keseluruhan, selangkah demi selangkah. Amunisi pertama sudah diluncurkan, yakni All New R15 yang akan beradu sprint dengan para pesaing di kelas sport 150 cc.

R15 diharapkan memberikan kontribusi besar, karena selama ini penjualannya tertinggal cukup jauh dibandingkan kompetitor utama, Honda All New CBR150R.

Dilihat dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha hanya mampu menjual R15 1.000-2.000 unit sebulan, total tahun lalu terjual 37.165 unit. Sedangkan CBR150R stabil di angka 5.000-10.000 per bulan, total terjual 87.554 unit sepanjang 2016.

Ditanya soal keinginan Yamaha kembali dominasi segmen sport, Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedikit mengelak kalau kalah telak. Namun dia menyatakan keyakinannnya kembali mendominasi.

"Kalau overall pasar sport direbut ya wajar, karena kami nggak punya (Honda) Verza, atau low price model lainnya. Tapi kami masih punya V-Ixion dan menang (model sport terlaris tahun lalu),” ujar Dyon menanggapi pertanyaan KompasOtomotif, (23/1/2017), di Sentul, Bogor.

R25
Tak hanya R15. Sorotan juga ditujukan untuk R25 yang masih menerima pembaruan dari warna dan grafis. Tantangan Honda CBR250RR dan eksistensi Kawasaki Ninja 250R butuh jawaban Yamaha segera.

”Pasti ada inovasi, tinggal tunggu waktunya saja, step by step. Belum bisa kami konfirmasikan, tahun ini apa nanti,” kata Dyon.

Tahun lalu, Yamaha hanya mampu menjual total sepeda motor sport di pasar domestik 225.280 unit. Honda sudah melejit di angka 318.003 unit sepanjang 2016.

Pekerjaan rumah Yamaha memang di segmen ini, karena hanya segmen sport yang masih bisa mengejar dan punya peluang besar untuk merebut kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com