Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Honda, Triumph Bakal Pasok Mesin Moto2

Kompas.com - 10/01/2017, 09:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Madrid, KompasOtomotif – Merek sepeda motor asal Inggris, Triumph, bakal kebagian jatah untuk ikut berperan pada kejuaraan Moto2. Mereka akan menjadi pemasok mesin, mulai musim 2019.

Mengutip Motorsport.com, Senin (9/1/2017) Triumph akan menggantikan Honda, yang kontraknya sebagai pemasok mesin untuk kelas menengah berakhir pada 2018. Moto2 lahir pertama kali pada 2010 menggantikan kategori 250cc, dan perubahan datang dengan pengenalan mesin empat silinder CBR600RR, dari pabrikan Jepang.

Sembilan tahun setelah masa transisi itu, promotor balap Dorna memutuskan untuk mencari alternatif baru. Sebelum mencapai kesepakatan dengan Triumph, Dorna sempat berkomunikasi dengan MV Agusta, yang akhirnya mengesampingkan proyek dengan alasan biaya.

Lalu langkah pendekatan kedua dilakukan langsung kepada pihak Triumph, yang merespons baik proposal Dorna. Mereka akan akan memasok tim Moto2 dengan mesin tiga silinder 750cc, dan akan menghasilkan 160bhp.

Penandatanganan perjanjian secara resmi antara Dorna dan Triumph telah ditandatangani keduanya. Terkait dengan pengumuman resmi, kemungkinan akan dilakukan pada putaran pembuka musim 2017, tanggal 26 Maret di Qatar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com