Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Tabrak Pajero Sport dan Proton Ertiga

Kompas.com - 22/12/2016, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Lembaga tes tabrak Asia Tenggara, ASEAN NCAP, merilis hasil uji dua model mobil di penghujung 2016, Proton Ertiga, Mitsubishi Pajero Sport. Kabar baiknya, kedua model tersebut meraih empat bintang rating keamanan.

MPV baru Proton hasil kolaborasi Suzuki Indonesia, berhasil mencetak poin 12,39 dari kemungkinan 16 poin, dalam tes perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection/AOP). Itu membuatnya dianugerahi rating empat bintang, atau sama dengan hasil yang diperoleh Ertiga di Indonesia.

Mobil keluarga enam penumpang dilengkapi dengan airbag depan ganda dan Anti-lock Braking System (ABS) sebagai standar pada semua varian. Namun, tanpa ada sistem stabilitas dan pengingat sabuk pengaman untuk penumpang di kursi depan.

ASEAN NCAP Hasil Tes Proton Ertiga ASEAN NCAP.

Dalam hal perlindungan penumpang anak (child occupant protection/COP), Ertiga memperoleh kepatuhan 33 persen (rating dua bintang), di mana hanya mencetak 16,37 dari kemungkinan 49 poin, mengutip Paultan, Kamis (22/12/2016).

Kemudian generasi ketiga Pajero Sport punya hasil sangat baik, di mana untuk kategori AOP, memperoleh poin 15,29 dari kemungkinan 16 poin. Sedangkan terkait COP, tercatat memiliki kepatuhan 76 persen (rating empat bintang). Selain di Indonesia SUV berbasis Triton ini telah diluncurkan di Thailand, tetapi belum di Malaysia.

Dari berbagai sisi keamanan, model baru Pajero ini mengalami perbaikan yang signifikan atas pendahulunya. Di mana hasil tes yang dilakukan pada 2012, hanya berhasil mencapai 12,08 poin di AOP, dan 40 persen kepatuhan untuk COP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com