Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diuji Irit, Honda BeAT Capai 87,1 Kpl

Kompas.com - 03/12/2016, 17:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Semarang, KompasOtomotif – Kegiatan Uji Irit Beat Series yang diadakan Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), bersama dengan Paguyuban Honda Semarang (PhaS), membukukan pencapaian yang mengejutkan. Klaim keiritan Beat mencapai 87,1 kilometer per liter.

Uji irit yang juga dilombakan ini menempuh perjalan 3,5 jam, dari Semarang menuju Pulau Tiban, Kabupaten Kendal. Teknik penghitungannya yaitu full to full, dengan menggunakan jenis bahan bakar minyak (BBM/bensin) dengan RON 92.

Yohanes Kurniawan, Kepala Wilayah Astra Motor Jateng mengatakan, pihaknya ingin kembali membuktikan bahwa varian Beat masih menjadi sepeda motor matik paling irit di kelasnya.

“Hasil menunjukkan angka yang cukup fantastis, dengan pengembangan yang dilakukan AHM, All New Beat pun mempunyai konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Tentunya konsumen Beat bisa jadi menghemat, karena motornya irit,” ujar Kurniawan dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Sabtu (3/12/2016).

Ismanto Putro, Technical Service Supervisor Astra Motor Jateng menambahkan, gambaran teknik full to full yang digunakan untuk menghitung, yaitu tangki motor diisi penuh pada saat start dan kemudian diisi lagi ketika finish. Pengisian BBM pada saat finish, bertujuan untuk mengetahui total konsumsi bahan bakarnya. 

“Konsumsi bahan bakar dari perhitungan pengisan BBM pada saat finish merupakan total yang digunakan. Dari situ ditemukan kalau sepeda motor yang ditunggangi pemenang, menghabiskan 1 liter untuk menempuh jarak 87,1 kilometer,” tutur Putro.

Ardian, pemenang Uji Irit Beat Series mengatakan, selama perjalanan dirinya hanya menjaga secara konsisten bukaan gas dari motor yang ditunggangi. “Kecepatan selama perjalanan ya kurang lebih 30-40 kpj, bukaan gas konstan sehingga mungkin bisa jadi lebih irit,” ucap Ardian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com